Sabtu, 20 Juli 2024

Holding dan Subholding PLN Akan Diumumkan, Apa Fungsi Dibentuk?

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Kementerian BUMN telah rampung membahas pembentukan holding dan subholding dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN yang segera diumumkan pekan depan.

Restrukturisasi ini diharapkan dapat mengulang kembali kesuksesan yang lebih dulu diraih PT Pertamina (Persero). Kementerian BUMN berencana untuk membentuk holding PLN yang khusus mengurusi masalah transmisi listrik dengan dua subholding-nya.

Subholding pertama, nantinya membuat unit bisnis di luar transmisi listrik yakni ‘Beyond Kwh’. Artinya, subholding ini tidak sekadar menjual listrik tetapi lebih dari itu. Apalagi untuk kabel-kabel yang sekarang dimiliki PLN bahkan memiliki nilai tambah.

Kedua, subholding ‘Power Plant’ yang nantinya difokuskan untuk memaksimalkan sumber daya alam di Tanah Air sebagai sumber energi pembangkit listrik, termasuk energi baru dan terbarukan (EBT). Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian ESDM terus memantau proses pembentukan holding dan subholding PLN yang tengah didorong Kementerian BUMN sejak awal tahun ini.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM mengatakan kementeriannya meminta agar pembentukan holding dan subholding pada perusahan listrik BUMN itu dapat membawa efisiensi pada kinerja PLN ke depan. Dengan demikian, PLN dapat lebih kuat secara finansial di tengah komitmen pemerintah untuk mempercepat transisi energi.

Subholdingisasi diharapkan harus bisa menjamin kecepatan dalam membentuk keputusan. Hingga kini pemerintah bersama dengan PLN masih mencari bentuk untuk sejumlah subholding yang akan dibentuk. Misalkan terkait dengan subholding pembangkit, pemerintah masih mengkaji terkait dengan kriteria anak usaha yang nanti mengurusi aset pembangkit listrik eksisting seperti PLTU yang belakangan bakal dipensiunkan dini. Belum tahu PLTU apakah berdasarkan jenis atau wilayah seperti yang sekarang ini.

 

Sumber: ekonomi.bisnis.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU