Selasa, 16 Juli 2024

Yang Ditunggu, Jalur KA Pertama di Sulawesi Akan Beroperasi Oktober Nanti!

ads-custom-5

BUMNInfo, Jakarta | Akhirnya, jalur kereta api pertama di Pulau Sulawesi akan segera beroperasi. Jalur bernama Trans Sulawesi dengan rute Makassar-Parepare tahap I saat ini sudah hampir rampung dan rencananya akan mulai dijajal pada bulan Oktober nanti.

Angkutan kereta penumpang yang akan dibuka untuk rute tahap I Makassar-Parepare yang menghubungkan Stasiun Barru hingga ke Stasiun Maros sepanjang 71km.

Pihak balai pengelola kereta api Sulawesi Selatan tengah menyelesaikan pembangunan jalur untuk segmen 1 sepanjang 16.1km, segmen 2 sepanjang 26.1km, dan saat ini sedang dalam penyelesaian segmen 3 sepanjang 67.1km dari Kabupaten Pangkep ke Kabupaten Maros.

Untuk progresnya sendiri, untuk jalur di wilayah Kabupaten Maros telah mencapai 84 persen, sementara wilayah Kabupaten Pangkep 94 persen. Nantinya, angkutan penumpang akan diperluas hingga ruas Stasiun Palanro sampai Stasiun Mandai sepanjang 102km pada Maret 2023.

Selain kereta penumpang, akan dibuka pula angkutan barang pada ruas Stasiun Ramang-Ramang hingga Stasiun Garongkong sepanjang 80km. Secara bertahap, pengoperasian akan diteruskan menuju ruas Tonasa-Garongkong sepanjang 57km.

Berikut adalah beberapa stasiun yang akan disinggahi layanan penumpang kereta api Makassar-Parepare Oktober mendatang berdasarkan unggahan dari Ditjen Perkeretaapian:

  1. Stasiun Barru
  2. Stasiun Tanete Rilau
  3. Stasiun Labakkang
  4. Stasiun Pangkajene
  5. Stasiun Ramang Ramang
  6. Stasiun Maros

 

Sumber: detik.com 

Dok: bisnis.com

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU