Sabtu, 20 April 2024

Penandatanganan MoU KIM EXPO 2021 antara KIM dan Balai Pustaka

ads-custom-5
Jakarta, BUMNInfo | Anggota klaster Danareksa-PPA, PT Kawasan Industri Medan (Persero) (KIM) dan PT Balai Pustaka (Persero) (Balai Pustaka) menegaskan sinergi antar Klaster Danareksa-PPA melalui penandatanganan Nota Kesepahaman. Hal ini dalam rangka kerja sama penyelenggaraan acara KIM EXPO 2021 pada bulan Oktober 2021 di Medan dan Deli Serdang. Penandatanganan Nota Kesepahaman untuk memperkuat nilai tambah melalui sinergi kuat antara anggota di dalam klaster Danareksa-PPA ke depannya.
 
Penandatanganan Nota Kesepahaman digelar di Kantor Danareksa dan dilakukan oleh Direktur Utama PT Kawasan Industri Medan (Persero), Ngurah Wirawan dengan Direktur Utama PT Balai Pustaka (Persero), Achmad Fachrodji serta disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Arisudono dan Direktur Investasi PT Danareksa (Persero) mewakili Danareksa selaku calon Holding dari Klaster Danareksa – PPA.
 
Sebagai calon Holding dari Klaster Danareksa-PPA, Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Arisudono mengatakan bahwa kerja sama yang terbentuk antara KIM dan Balai Pustaka ini sejalan dengan visi Klaster Danareksa-PPA untuk mengoptimalkan potensi sinergi antar BUMN. Ini merupakan tahap awal dari sinergi lainnya yang diyakini akan terus terjalin.
 
Bekerja sama dengan Balai Pustaka dalam penyelenggaraannya, tahun ini adalah pertama kalinya KIM menggelar KIM EXPO 2021 dengan tujuan untuk menjadi wadah bertemunya investor-investor dari berbagai negara yang ingin berinvestasi di Kawasan Industri Medan. Selain itu, para investor yang ingin bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan nasional maupun internasional yang ada di Kawasan Industri Medan juga dapat saling bertemu dan menjajaki potensi kerja sama yang tentunya akan bermanfaat bagi para pihak.
 
Pandemi Covid-19 telah menekan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara di sepanjang tahun 2020 sebesar -2,94 % dan Kuartal I tahun 2021 sebesar -1,85%, tetapi industri pengolahan dan ekspor komoditas Sumut tetap positif di 5,52% Tahun 2020 dan bahkan naik tajam sampai 40,86% di Kuartal I tahun 2021. Kondisi ini menambah keyakinan KIM bahwa ruang tumbuh industri pengolahan di Sumatera Utara masih terbuka lebar sehingga program promosi investasi di Sumatera Utara perlu terus dilakukan.
 
Di sela-sela acara penandatanganan, Direktur Utama PT Kawasan Industri Medan (Persero), Ngurah Wirawan mengungkapkan “KIM Expo 2021 yang direncanakan pada tgl 7 sampai dengan 10 Oktober 2021 dalam bentuk pameran merupakan wahana ekspresi potensi para tenant KIM yang selama 30 tahun lebih telah bekerja keras memproduksi barang dan jasa dari Sumatera Utara. Untuk pertama-kalinya pelaku usaha dari dalam dan luar negri dapat melihat produk, proses dan sistem kerja di KIM sebagai satu kesatuan kawasan. Termasuk mengintip proses produksi beberapa industri dalam program factory visit sebagai bagian dari opsi ekspansi bisnis, kolaborasi, inovasi dan efisiensi sampai pembelajaran.”
 
Sejalan dengan program Pemerintah Daerah Sumatera Utara, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Utara serta Kementerian Investasi/BKPM, maka KIM Expo 2021 juga akan diselaraskan dengan North Sumatera Investment & Business Forum (NSIBF) yang juga mengundang puluhan investor asing dan berlangsung dalam waktu bersamaan untuk meningkatkan realisasi investasi melalui kegiatan promosi dalam rangka peningkatan perekonomian Sumatera Utara.
 
Ngurah menambahkan, “Diharapkan dalam 4 hari kegiatan yang diwarnai dengan seminar dan business matching, para business owner, eksekutif, pelaku usaha besar dan kecil dapat memetik info terbaik, kondisi fisik secara nyata dan diskusi intens satu sama lain secara akrab, sehingga dapat bermuara pada kesepakatan bisnis baru dalam hal investasi di KIM khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya.”
 
Senada dengan Ngurah, Direktur Utama PT Balai Pustaka, Achmad Fachrodji menyatakan “Balai Pustaka percaya kerja sama dengan KIM merupakan langkah yang tepat dalam pengembangan potensi masing-masing Perusahaan. KIM Expo sendiri hadir sebagai sarana yang tepat untuk berinvestasi dan mengembangkan industri. Kami harap, para pelaku usaha dapat secara optimal memanfaatkan kesempatan serta peluang yang ada di acara ini nanti.”
 
Direktur Investasi PT Danareksa (Persero), Andry Setiawan turut menyampaikan dukungannya terhadap sinergi yang terjalin, “Kami di Danareksa sangat mengapresiasi diselenggarakannya Penandatangan Nota Kesepahaman KIM Expo 2021 antara KIM dan Balai Pustaka. Kami mendukung penuh dan berharap acara KIM Expo 2021 dapat terlaksana dengan lancar, sukses, serta memberikan dampak yang signifikan bagi PT Kawasan Industri Medan (Persero) khususnya dan umumnya bagi Indonesia.”
 
Sumber: bumn.go.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU