Jumat, 19 April 2024

Jasa Marga Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Ruas Tol Jagorawi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) sebagai upaya mengurai kepadatan arus kendaraan di Ruas Tol Jagorawi mulai Senin (15/3/2021). Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan rekayasa dilakukan sebelum Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 10 arah Ciawi. Menurut Irra, di lokasi itu kerap terjadi kepadatan lalin akibat kendaraan yang keluar dari TIP KM 10 dengan mobil yang melintasi di jalur utama Jalan Tol Jagorawi.

Pelaksanaan rekayasa lalin ini bekerja sama dengan PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) selaku service provider-operasional jalan tol. “Hal ini dilakukan sebagai upaya mengurai kepadatan yang sering terjadi di lokasi pertemuan lalu lintas (merging) Off Ramp TIP kilometer sepuluh,” kata Irra kepada wartawan, Minggu (14/3).

Irra mengatakan pihak JMT dan JMTO juga bekerja sama dengan kepolisian saat melakukan uji coba rekayasa lalin itu. Metode yang digunakan dalam uji coba rekayasa ini antara lain dengan menempatkan water barrier sepanjang 450m pada bahu luar dari KM 10 550 sampai Km 11 000 arah Ciawi. Penempatan water barrier itu bertujuan untuk mensterilkan bahu jalan sehingga tidak digunakan pengendara selain dalam kondisi darurat.

Petugas juga menempatkan stick cone sepanjang 15 meter mulai dari Off Ramp TIP KM 10 untuk menghindari kendaraan crossing. Pelaksanaan uji coba rekayasa lalin ini diharapkan dapat meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalin, mengurangi kendaraan crossing, dan memperlancar lalin.

Hasil dari uji coba ini akan dievaluasi untuk diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas setelah keluar dari TIP KM 10 arah Ciawi. “Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung diharapkan kerja sama dari seluruh pengguna Jalan Tol Jagorawi agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, serta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas,” ujar Irra.

Sumber: jpnn.com

Foto: Ilustrasi – Kendaraan keluar dari Tol Jagorawi di pintu Tol Baranangsiang Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6-2-2021). ANTARA/HO-Pemkot Bogor

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU