Kamis, 13 Juni 2024

BUMN Klaster Pangan Lebarkan Sayap Ke Bisnis Energi

ads-custom-5

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) menggandeng PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS) dan PT Indonesia Power manfaatkan energi terbarukan menggunakan biomassa. Ketiga perusahaan BUMN itu bekerja sama dengan tujuan memberikan nilai tambah limbah sekam.

Kerja sama lintas klaster itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Penyediaan Biomassa untuk Uji Coba Co-firing Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama SHS Karyawan Gunarso dan Head of Research, Innovation and Knowledge Management Mochamad Soleh, serta disaksikan oleh Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi, Direktur Sumber Daya Manusia dan Administrasi Indonesia Power Bagus Setiawan, Direktur Operasi II Indonesia Power R. Bambang Anggono, dan Direktur Keuangan Indonesia Power Khusnul Mubien.

Dilansir dari Bisnis.com, Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengungkapkan kesepakatan kerja sama ini merupakan langkah awal kerja sama lintas sektor antara BUMN Klaster Pangan dengan BUMN Klaster Energi.

Secara spesifik, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah limbah sekam yang merupakan produk samping dari aktivitas penggilingan padi masyarakat menjadi barang yang bernilai ekonomi dan bermanfaat sebagai sumber energi terbarukan.

“Melalui kerja sama ini, sekam yang dihasilkan dari aktivitas penggilingan padi masyarakat akan diserap oleh SHS lalu diserahkan kepada PLTU untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga tidak lagi mengotori dan dapat bermanfaat secara ekonomi,” ujarnya.

Pada tahap awal, SHS berperan dalam menyiapkan 2 persen pelet sekam biomassa atau 100.000 ton pelet sekam untuk dipasok kepada PLTU di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Untuk mendukung proses produksi, SHS telah menjalin kerja sama dengan investor yang akan menyediakan teknologi dan mesin pembuat pelet sekam. Selanjutnya, mesin-mesin tersebut akan ditempatkan di lokasi yang berdekatan dengan sumber bahan baku sekam, termasuk di areal pertanian SHS yang berlokasi di Sukamandi, Subang.

Kerja sama ini dilandasi pentingnya kontribusi BUMN bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Saat ini di Indonesia kurang lebih terdapat 180.000 penggiling padi kecil yang sebagian besar dimiliki oleh para petani. Dengan adanya kerja sama ini akan ada pemanfaatan sekam sebagai sumber energi terbarukan para petani dapat memperoleh tambahan pemasukan sehingga berkontribusi dalam menggerakan ekonomi di daerah sentra produksi padi dan beras.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU