Kamis, 23 Mei 2024

ASDP Bangun Dermaga Eksekutif Baru untuk Swasta

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan membangun dermaga eksekutif baru yang letaknya tidak jauh dari Dermaga 6 Pelabuhan Merak. Dermaga baru ini ditargetkan rampung sebelum lebaran dan diprioritaskan bagi operator swasta. Jarak dermaga baru ini pun hanya 300-350 meter dari dermaga eksekutif sebelumnya.

“Kami menilai ada niat baik dari ASDP untuk menyiapkan hal tersebut. Hasil rapat lalu, ASDP akan membangun dermaga eksekutif II yang jaraknya 300 meter hingga 350 meter dengan dermaga eksekutif I dan akan diselesaikan sebelum lebaran ini,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Minggu (7/2/2021).

Dermaga eksekutif berbeda dengan dermaga regular. Hal yang membedakan ialah dermaga eksekutif melayani dengan standar pelayanan minimum (SPM) yang khusus. Dermaga eksekutif memiliki fasilitas yang lebih bersih dan dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan (AC). Apabila ingin memasuki kapal, penumpang cukup melewati garbarata yang tersambung langsung ke kapal.

Kemudian kapal yang beroperasi pun hanya secara khusus milik ASDP. Selain itu karena kelas eksekutif, maka tarif menjadi lebih mahal dibandingkan dengan dermaga regular. Akan tetapi, tarif yang lebih mahal tersebut sebanding dengan durasi perjalanan, dengan kapal eksekutif waktu tempuh hanya satu jam. Sedangkan kapal reguler kira-kira bisa mencapai dua jam atau lebih.

Kapal eksekutif juga memiliki area parkir khusus kendaraan pribadi. Berbeda dengan kapal reguler yang membuat mobil pribadi menyatu dengan truk atau bis. Dalam hal kenyamanan, fasilitas kapal juga akan berbeda dari kapal regular.

 

Sumber: bisnis.com

Foto: Bisnis/Abdullah Azzam

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU