Rabu, 17 April 2024

Kimia Farma & Indofarma Perkuat Tes Covid-19 di Bandara Soetta

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini mengoperasikan delapan Airport Health Center untuk melakukan tes Covid-19 seperti rapid test antigen dan tes PCR. Fasilitas ini dihadirkan untuk mendukung penerbangan yang sehat sekaligus membantu calon penumpang pesawat untuk memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, Airport Health Center dioperasikan oleh mitra yang memiliki kompetensi di bidag pengecekan medis yaitu PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk. Tercatat pada 18-24 Desember 2020 sebagai periode libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021, calon penumpang pesawat yang melakukan rapid test antigen di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 40.000 calon penumpang.

 

“Angka testing tersebut tergolong cukup tinggi, di mana hanya dalam tujuh hari sudah dilakukan tes terhadap sekitar 40.000 calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Dan, yang cukup penting juga adalah pelaksanaan tes berjalan lancar dan sama sekali tidak mengganggu jadwal penerbangan,” ungkap Agus, Minggu (27/12/2020).

 

Menurutnya, lancarnya tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta karena PT Angkasa Pura II berhasil melakukan distribusi pelaksanaan tes di delapan titik layanan atau tidak terkonsentrasi hanya di titik-titik tertentu. Pendistribusian ini dapat dilakukan dengan adanya alternatif layanan yaitu pre-order service, drive thru service dan walk in service.

 

“Dengan kata lain, saat ini operasional dan layanan Airport Health Center telah semakin mapan dan andal,” ujarnya.

 

Operator bandara pelat merah tersebut juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang tidak menggunakan angkutan udara untuk bisa juga melakukan tes Covid-19 khusus di Airport Health Center Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta mulai 27 Desember 2020. Layanan tes Covid-19 di Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum ini tersedia untuk walk in service (24 jam) dan drive thru service (08.00 – 20.00), untuk rapid test antigen seharga Rp200.000 dan tes PCR seharga Rp800.000). Director of Commercial PT Angkasa Pura Solusi Yundriati Erdani mengatakan kapasitas per hari Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum adalah 600 – 700 orang untuk tes dengan walk in service, dan 150 orang untuk tes dengan drive thru test.

 

Sumber: Bisnis IndonesiaPikiran Rakyat

Foto: KOMPAS/Kristianto Purnomo

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU