Minggu, 21 April 2024

Anak Usaha Krakatau Steel Selesaikan Pengiriman Pipa ke HMAS Coonawara US$ 3,8 Juta

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT KHI Pipe Industries (KHI), anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang bergerak di bidang manufaktur pipa baja dan jasa aplikasi pelapisan anti korosi, telah melakukan penyelesaian Proyek HMAS Coonawara milik McConnell Dowell Constructors (Aust) Pty Ltd. Ditandai dengan pengiriman suplai pipa pancang dengan spesifikasi BS EN 10219 S355JO yang akan digunakan untuk konstruksi dermaga di sebuah pangkalan Angkatan Laut Australia yang terletak di kota Darwin, Northern Territory bernama HMAS Coonawarra.

Pihak Krakatau Steel menyatakan sangat bangga atas keberhasilan KHI di akhir 2020 ini dalam memproduksi pipa dengan dimensi dan ketebalan yang berada pada batas maksimum kapasitas mesin untuk luar negeri. Proyek dengan total nilai US$ 3,8 juta ini berhasil diselesaikan dengan tepat waktu, dengan pengiriman perdana yang telah dilakukan pada November yang lalu.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, KHI memprediksi masih akan membukukan laba positif senilaikurang lebih US$ 7,7 juta sampai dengan akhir 2020. Proyeksi ini meningkat 129% apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Tercatat pula Earning Before Interest, Taxes, Depreciation And Amortization (EBITDA) Perseroan meningkat 152% dan EBITDA margin yang menguat signifikan lebih dari 151% dari periode yang sama tahun lalu. Peningkatan kinerja ini di dukung oleh adanya program efisiensi biaya secara masif di setiap lini sehingga tolling cost ditekan sampai dengan 23%.

Direktur Utama KHI Utomo Nugroho mengatakan pada tahun ini, KHI mampu mencatat kinerja yang baik dan sehat dengan terus berfokus pada peningkatan penjualan dan performa perusahaan. Prestasi ini tidak lepas dari kerja sama dan komunikasi tim yang baik, serta dukungan dari Krakatau Steel sebagai Induk Perusahaan.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi perseroan, akan tetapi kami terus berupaya maksimal dan berkonsolidasi baik internal maupun dengan eksternal khususnya PT Krakatau Steel sebagai Induk Perusahaan,” katanya dalam siaran pers, Jumat (25/12).

Utomo berharap, KHI dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi pabrikan pipa baja yang terintegrasi serta diperhitungkan di kawasan regional. Perseroan terus melakukan upaya perbaikan baik dari sisi keuangan dan operasi sehingga 2020 dapat dikatakan sebagai tahun memperkuat landasan di dalam melangkah maju di tahun-tahun mendatang.

“Beberapa strategi yang telah dan akan di lakukan di antaranya yaitu melalui Program Hilirisasi Produk, Peningkatan Kapasitas Mesin serta Memperluas Jalur Pemasaran dengan bekerjasama mitra-mitra strategis Perseroan,” pungkasnya.

 

Sumber: KontanBisnis Indonesia

Foto: dok. Krakatau Steel

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU