Jumat, 19 April 2024

ASDP Berencana Go Public di Tahun 2022

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan tengah mempersiapkan mereka untuk “go public“. Rencananya, mereka akan resmi melepas sahamnya ke pasar umum atau melakukan initial public offering (IPO) pada 2022 mendatang. ASDP menilai, pasar modal merupakan sumber pendanaan yang efisien untuk mengembangkan kegiatan usaha.

 

 “Perseroan telah mendapat lampu hijau dari pemegang saham. Insya Allah awal 2022. Rencana awalnya akhir 2021 atau awal 2022,” kata Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Kamis (3/12/2020).

 

Menurut Ira, pertimbangan utama yang mendasari perusahaan untuk go public adalah keinginan untuk tumbuh dengan target pendapatan sebesar Rp6 triliun pada 2024. Keinginan itu memerlukan investasi sangat besar.  Ia menegaskan, ASDP perlu mencari pendanaan yang efisien, salah satunya melalui pasar modal. Nantinya, ASDP memiliki dua proyek strategis yang akan jadi prioritas perseroan pasca-IPO, yakni proyek pengembangan Bakauheni sebagai destinasi wisata baru serta rencana akuisisi salah satu perusahaan feri.

 

“Kami juga ingin me-leverage kinerja keuangan ASDP yang baik untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ASDP dapat rating Pefindo AA dua tahun berturut-turut,” ungkap Ira.

 

Tahun lalu, ASDP membukukan pendapatan Rp3,2 triliun dengan laba bersih Rp315 miliar, tumbuh signifikan dibandingkan tahun sebelumnya dengan pendapatan Rp2,79 triliun dan laba bersih Rp253 miliar. 

 

Sumber: Bisnis IndonesiaIDN Financials

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU