Jumat, 29 Maret 2024

PTPP Targetkan Divestasi Dua Aset Selesai Akhir 2020

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT PP (Persero) Tbk optimistis tekanan pada kinerja keuangannya bakal mereda pada kuartal keempat tahun ini. Hal ini menyusul rampungnya divestasi dua aset perusahaan yang diperkirakan berlangsung jelang tahun ini.

 

Direktur Keuangan PTPP Agus Purbianto mengungkap, dua divestasi tersebut adalah 25% saham di Prima Multi Terminal (PMT) senilai Rp 371 miliar. PTPP juga bakal mengantongi pemasukan dari divestasi 14% kepemilikan atas konsesi tol Citra Karya Jabar. Sehingga pada Desember nanti, keduanya sudah bisa diakui dalam pembukuan. PT Brantas Abipraya bertindak sebagai pembeli 14% saham PMT, sedangkan Pelindo menjadi pembeli dari saham PTPP di PMT.

 

“Pembayaran atas divestasi saham sejatinya baru dimulai awal tahun depan. Namun, peraturan pencatatan akuntansi memperbolehkan hal tersebut diakui di depan. Sehingga, nanti pengaruhnya ke neraca laba rugi,” terang Agus kepada Kontan.co.id, Senin (16/11/2020).

 

PTPP menargetkan laba bersih Rp 122 miliar hingga akhir tahun ini. Sebelumnya, emiten pelat merah tersebut menargetkan laba bersih Rp 1,4 triliun yang pada akhirnya terpaksa direvisi akibat pandemi. Adapun realisasi laba bersih pada kuartal III lalu mencapai Rp 10 miliar. Nilai ini melesat 297,1% secara kuartalan meski masih turun 94,2% secara tahunan.

 

Meski ada sedikit sentimen positif, Agus memperkirakan kas operasional perusahaan masih akan dalam kondisi negatif hingga akhir tahun. Kas operasional PTPP hingga kuartal ketiga kemarin defisit Rp 4,11 triliun, membengkak 4,79% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 3,92 triliun.

 

“Pembayaran proyek sejatinya mulai ramai jelang akhir tahun. Tapi sekarang beda dengan kondisi normal, owner juga berat,” ujar Agus.

 

Sekadar informasi, belum lama ini PTPP berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang ESG Terbaik 2020 versi Majalah Investor. Dalam acara yang diselenggarakan secara virtual tersebut, Perseroan meraih anugerah dari dua kategori berbeda, yaitu Emiten LQ45 – ESG dan Keterbukaan Environmental (E) Emiten Sektor Konstruksi Terbaik.

 

Sumber: Kontan.co.idPTPP

Foto: dok. PTPP

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU