Sabtu, 20 April 2024

Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Resmi Beroperasi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) mengoperasikan seksi 1 ruas tol Cimanggis – Cibitung. Seksi 1 yang menghubungkan Junction Cimanggis – On/Off Ramp Jatikarya tersebut dibangun sepanjang 2,75 kilometer. Pengoperasian ruas tol ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Nomor 1541 / KPTS / M / 2020, tertanggal 30 Maret 2020.

 

Ruas jalan tol tersebut dapat diakses melalui Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 yang merupakan akses masuk dan keluar dari Jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Pihak Jasa Marga mengatakan, ruas tol itu mulai beroperasi pada Selasa (10/11/2020) pukul 14.00 WIB.

 

“Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional sebagai pengelola Ruas Tol Jagorawi akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 sebagai akses penghubung Ruas Cimanggis-Cibitung dengan Ruas Tol Jagorawi,” tutur Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti dalam keterangan tertulisnya.

 

GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta, sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi. Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya, yang berpotensi menumbuhkan bangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi, dengan dioperasikannya akses baru Cimanggis – Cibitung.

 

Direktur Utama WTR Herwidiakto juga merespons, beroperasinya ruas tol ini akan menawarkan percepatan waktu tempuh yang sangat signifikan lebih kurang hanya 5 menit – 10 menit.

 

“Dibandingkan dengan sebelumnya menuju tengah akses jalan Transyogi atau alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dapat memakan waktu 30 menit,” ungkap Herwidiakto.

 

GT Cimanggis 4 memiliki total empat gardu operasi yang terdiri dari dua gardu single untuk golongan 1 non bus dan dua gardu multi untuk golongan bus dan truk, sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total lima gardu operasi yang terdiri dari tiga gardu single untuk golongan 1 non bus dan dua gardu multi untuk golongan bus dan truk.

 

Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik. Tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5, pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Gol I Rp 7.000, Gol II & Gol III Rp 11.500, Gol IV & Gol V Rp 16.000. Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif/gratis pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut.

 

“Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum perjalanan,” imbau Perseroan.

 

Sumber: BeritasatuKontan

Foto: Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU