Jumat, 29 Maret 2024

Krakatau Steel Ekspor Ribuan Ton Pipa Baja ke Australia

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (PT KS) melalui anak usahanya yang bergerak di bidang manufakturing pipa baja dan jasa aplikasi pelapisan antikorosi, PT KHI Pipe Industries (PT KHI), berhasil melakukan ekspor produk pipa baja ke Australia. Pengiriman perdana telah dilakukan belum lama ini dari fasilitas produk PT KHI.

Untuk tahap pertama dikirim sebanyak 1.880 ton dari total pengiriman sebanyak 4.370 ton. Direktur Utama PT KHI Utomo Nugroho mengatakan, pipa baja dengan ukuran diameter 1.500 mm tebal 25 mm dan panjang 50 m akan digunakan untuk konstruksi dermaga di HMAS Coonawarra. Dermaga itu merupakan sebuah pangkalan Angkatan Laut Australia di kota Darwin, Northern Territory. Seluruh bahan baku utama produk pipa baja dengan spesifikasi BS EN 10219 S355JO ini menggunakan hot rolled coil (HRC) milik PT KS.

“Di tengah banyaknya industri yang kesulitan untuk bertahan akibat terkena imbas pandemi Covid-19, KHI dapat menunjukkan performansi yang baik, salah satunya dengan berhasil melakukan pengiriman ekspor perdana milik McConnell Dowell Constructors Pty Ltd,” ujar Utomo.

Utomo mengatakan produksi pipa baja untuk proyek ekspor ini menjadi keberhasilan tersendiri. Dikarenakan spesifikasi yang disyaratkan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi baik dari segi pengujian, dimensi dan ketebalan yang berada pada batas maksimum kapasitas mesin yang dimiliki PT KHI dan PT KS. Selain itu adanya serangkaian tahapan pengujian yang dilakukan oleh pihak ketiga juga menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan.

Utomo menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh karyawan di dalam penyelesaian produksi proyek McConnell Dowell ini.

“Proses produksi pipa dengan spesifikasi yang disyaratkan oleh customer cukup sulit akan tetapi dengan kerja sama dan komunikasi tim yang baik, serta dukungan dari Krakatau Steel sebagai induk perusahaan maka pengiriman dapat dilakukan tepat waktu dengan tetap mengutamakan kualitas produk,” kata dia.

 

PT KHI Pipe Industries memiliki spesialisasi dalam pembuatan pipa baja sejak 1972 sebagai anak perusahaan PT Krakatau Steel. Berlokasi di Kawasan Industri Krakatau Cilegon, Banten, dengan akses mudah dari darat dan lepas pantai. Lebih dari 40 tahun memproduksi pipa, PT KHI dengan sertifikasi API 5L telah mengumpulkan pengalaman luas dari proyek-proyek domestik dan internasional.

 

Sumber: RepublikaCNBC Indonesia

Foto: dok. Krakatau Steel

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU