Jumat, 19 April 2024

Bekerjasama dengan Indodax, KBI Terapkan Pilot Project Transaksi Aset Kripto Via Kliring

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI bekerja sama dengan penyedia bitcoin dan aset kripto Indodax untuk menerapkan pilot project pembayaran via kliring agar transaksi aset kripto di Indonesia lebih aman.

 

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan bahwa aliansi dengan Indodax merupakan upaya pihaknya sebagai salah satu Self Regulation Organization (SRO) perdagangan berjangka untuk menciptakan iklim aset kripto di Indonesia menjadi lebih baik yaitu dengan menerapkan skema kliring. 

 

“Dengan skema ini, transaksi akan aman, yang pada akhirnya akan memberikan rasa aman kepada para pemangku kepentingan yang ada. Aliansi ini merupakan sebuah pilot project atau semacam embrio untuk kedepan, agar memiliki ekosistem asset kripto yang lengkap,” ujar Fajar seperti dikutip dari keterangan resminya, Senin (28/9/2020).

 

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa Indodax menjadi perusahaan pertama yang menerapkan skema ini. Menurutnya, keamanan transaksi merupakan hal yang paling utama di perusahaannya.

 

“Pilot project ini penting untuk membantu meningkatkan aset member yang ada di Indodax. Dengan diterapkannya skema ini, aset yang tersimpan di Indodax menjadi makin transparan,” jelas Oscar.

 

Oscar Darmawan mengatakan, KBI sebagai lembaga kliring memiliki fungsi untuk menjamin kesahihan setiap transaksi yang terjadi. Lembaga kliring melakukan fungsi Delivery versus Payment (DvP). Ia menambahkan, KBI sebagai gerbang semua aktivitas pembayaran atau transaksi, seperti deposit dan withdraw, di mana uang para member Indodax dalam proyek prototipe ini akan disimpan di bank kustodian. Menurutnya, KBI sebagai BUMN adalah lembaga kliring berjangka yang terpercaya di Indonesia.

 

Ia juga menilai keamanan transaksi ini menjadi salah satu daya tarik kepada calon investor baru. Saat ini, sedang terjadi tren dimana orang-orang melakukan diversifikasi atau peralihan investasi ke bitcoin yang merupakan aset safe haven di masa pandemi ini. Sementara produk investasi lain, selain emas, masih belum banyak menunjukkan kenaikan harga.

 

“Permintaan bitcoin dan aset kripto semakin tinggi. Maka, kami juga perlu meningkatkan terus fasilitas keamanan yang berhubungan aset member di Indodax,” tandas Oscar. 

 

Sumber: Bisnis.comGrid.id

Foto: Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU