Rabu, 19 Juni 2024

Dukung Percepat KIT Batang, PLN Siapkan Pasokan Listrik Awal 200 KVA

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN akan memasok listrik sebesar 200 kilo volt ampere (Kva) untuk aktivitas pembangunan proyek Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Komitmen itu disampaikan Manajer PLN UP3 Pekalongan Joko Hadiwidayat di lokasi proyek KIT Batang, Desa Ketanggan Gringsing, Rabu (16/9/2020).

 

“Sekarang kami lagi mempersiapkan kebutuhan listrik di KIT Batang yang pada tahap awal ini sebesar 200 Kva,” ungkap Joko.

 

Ia memastikan, KIT Batang saat ini baru tahap konstruksi sehingga belum perlu listrik banyak. Sementara itu, jaringan sudah siap yang berada di atas jembatan jalan tol Batang – Semarang sebesar 3 mega watt (MW) bisa mengaliri 30 hingga 40 pabrik untuk tahap konstruksi. Selain itu, perusahaan listrik berpelat merah tersebut tengah menyiapkan listrik melalui gardu induk Weleri Kendal sebesar 8 MW.

 

“Kalau nanti sudah fase produksi akan kita munculkan listrik 2×8 mega, namun tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan yang tentunya mengikuti perkembangan kebutuhan listrik di KIT,” tambah Joko.

  

Ia juga menyampaikan saat ini PLN UP3 Pekalongan masih mengajukan izin menggunakan Right of Way (ROW) di jalan tol ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sambil menunggu izin, pihak PLN juga mempersiapkan material jaringan kabel, tiang dan vendor pelaksanaan kerja termasuk koordinasi pengamanan di sepanjang jalan tol dengan pihak Jasa Marga.

 

“Sesuai dengan perencanan KIT Batang selama empat tahun sebesar 90 mega, namun PLN mengikuti skema pemakaian dan kebutuhan dari industri,” jelasnya.

 

Atas segala upaya ini, PLN menjamin pasokan listrik di KIT Batang sangat aman karena dekat dengan PLTU.

 

Sumber: AntaranewsAyo Batang

Foto: ANTARA FOTO/Kutnadi

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU