Jumat, 19 April 2024

ASDP Mulai Operasikan Kapal Feri Lintas Pulau Madura

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mulai mengoperasikan KMP Munggiyango Hulalo di lintas Pulau Madura yang akan melayani rute Jangkar (Situbondo) – Kalianget (Sumenep) – Kangean dengan pelayaran perdana dari Pelabuhan Jangkar Situbondo mulai Rabu (15/07/2020) lalu.

 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pengoperasian KMP Munggiyango Hulalo di lintas Pulau Madura guna mendukung konektivitas antar wilayah, khususnya aksesibilitas di Pulau Madura dan kepulauan sekitarnya menuju Jawa Timur.

 

“Kami berharap kehadiran ASDP di lintas Pulau Madura ini dapat mendukung keberlangsungan ekonomi serta pengembangan pulau-pulau dan daerah sekitarnya,” kata Shelvy dalam keterangan tertulis.

 

KMP Munggiyango Hulalo akan melayani rute Jangkar – Kalianget (pp), Jangkar – Kangean (pp) dan Kalianget – Kangean (pp). Pihaknya berharap geliat usaha di berbagai sektor di daerah itu terus meningkat, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat karena konektivitas merupakan kunci utama peningkatan ekonomi

 

ASDP juga melihat kebutuhan aksesibilitas masyarakat di lintas Pulau Madura terus meningkat, yang didominasi penumpang pejalan kaki dan kendaraan kecil. Ke depannya, dia berharap lintas penyeberangan Pulau Madura ini dapat menjadi tumpuan sektor logistik yang membawa muatan dari Jawa Timur ke Pulau Madura atau sebaliknya.

 

Adapun, KMP Munggiyango Hulalo merupakan kapal roro milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dibangun PT Dok Bahari Nusantara berukuran 1.631 GT pada 2018. Kapal roll on-roll off (ro-ro) ini dapat mengangkut 200 penumpang dan 21 unit kendaraan campuran.

 

“Kami juga melihat potensi yang cukup besar di sektor logistik untuk ke depannya. Dengan naik kapal ferry, tentu kendaraan logistik dapat mengurangi beban jalan raya sehingga lebih efisien dan efektif,” tandasnya.

 

Sumber: Bisnis.comRakyat Merdeka

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU