Minggu, 21 April 2024

Damri Fasilitasi Bus Sehat Gratis Bogor-Jakarta, Penumpang Bisa Bawa Sepeda

ads-custom-5

Bogor, BUMNInfo | Perum Damri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk melayani bus bantuan dari Bogor (Botani Square) menuju Jakarta (Stasiun Juanda & Dukuh Atas). Kegiatan monitoring bus bantuan yang dinamai Bus Sehat itu diadakan di dua tempat, yaitu di Stasiun Bogor dan Botani Square.  

 

Untuk monitoring di Stasiun Bogor dihadiri oleh Direktur Komersial & Pengembangan Usaha Perum Damri Sandry Pasambuna, Kepala BPTJ Polana Pramesti, Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani, Sekretaris BPTJ Rosita Sinaga, Direktur Utama PPD Pande Putu Yasa, serta Walikota Bogor Bima Arya.  

 

Sedangkan di Botani Square juga dihadiri oleh Direktur Utama Damri Setia N. Milatia Moemin, Direktur Komersil & Pengembangan Usaha Damri Sandry Pasambuna, Kepala BPTJ Polana Pramesti, serta Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani.

 

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri Nico R. Saputra mengatakan, pihaknya telah menyediakan 10 armada Bus Bantuan yang dilengkapi dengan protokol Covid-19. Dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB dari Botani Square, yang selanjutnya akan di berangkatkan setiap 15 menit sekali. Layanan tersebut dapat dinikmati pelanggan selama satu hari penuh.

 

Nico menambahkan, load factor pada bus yaitu 70% sehingga bisa memuat sekitar 25 penumpang. Keberadaan bus ini dimaksud untuk mengurai kemacetan sekaligus kepadatan di tengah pandemi untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19.

 

“Dengan adanya Bus Bantuan Damri, diharapkan dapat mengurangi kemacetan jalan serta mengurai kepadatan penumpang yang kerap terjadi setiap Senin pagi, terutama kepadatan di stasiun kereta yang dibatasi jumlah penumpangnya,” terangnya.

 

Komunikasi Korporasi dan Protokol Perum DAMRI Harys Kristanto mengatakan, bus gratis ke stasiun di Jakarta ini ramai peminatnya sehingga akan kembali beroperasi pada Senin depan.

 

“Senin Kemarin ramai peminatnya. Selain itu, juga berhasil mengurai penumpang kereta di Stasiun Bogor,” ucap Harys dikutip dari Kompas.com.

 

Pada armada yang beroperasi minggu depan, penumpang bus DAMRI dapat membawa sepeda lipat hingga ukuran sedang. Jadi nantinya sepeda disimpan di bagasi bus, yang tentunya hal ini cocok dengan tren saat ini, yaitu olahraga bersepeda.

 

“Untuk sepedanya bisa muat sekitar 10 sampai 20 sepeda, tergantung dari ukurannya,” tuturnya.

 

Kendati demikian, Damri menghimbau untuk tetap mematuhi ketentuan perjalanan yang sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020, yakni pelanggan yang memiliki suhu < 37,3 derajat celcius, penerapan physical distancing, penggunaan masker sebelum perjalanan, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, serta hindari berbicara saat di dalam bus.

 

Sumber: Perum DamriKompas.com

Foto: dok. Perum Damri

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU