Kamis, 28 Maret 2024

Buka Kelas Online, Bank BRI Dampingi Petani Kopi Perhutanan Sosial dalam Pengembangan Bisnis

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI terus mencari terobosan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengadakan kelas online bagi petani kopi Perhutanan Sosial bertajuk NGOPI BARENG (Ngobrol Pintar Bareng).

 

Kelas online merupakan inisiatif BRI dalam upaya memberikan pelatihan dan pengetahuan kewirausahaan sehingga para petani kopi Perhutanan Sosial mampu mengembangkan bisnisnya. Selain itu, metode tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti imbauan Pemerintah untuk tetap produktif meskipun dalam penerapan physical distancing.

 

Pada kegiatan ini, Bank BRI bekerja sama dengan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Koperasi & Usaha Kecil UKM serta menggandeng pembicara dari berbagai kalangan seperti pelaku UMKM, influencer sampai dengan pelaku ekspor.

 

Adapun peserta yang mengikuti kelas ini adalah petani kopi Perhutanan Sosial dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan yang tergabung dalam klaster usaha binaan BRI.

 

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengungkapkan, BRI berupaya untuk selalu mendampingi pelaku UMKM untuk dapat terus berdaya dan berkembang, terlebih di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini.

 

“Kelas online ini merupakan bentuk nyata dukungan Bank BRI bagi para petani kopi Perhutanan Sosial untuk meningkatkan wawasan dan akses informasi. Selain itu, forum ini juga dapat menjadi wadah bertukar pikiran dan pengalaman dari pelaku usaha kopi yang sukses,” pungkasnya dalam keterangan tertulis.

 

Beberapa pengetahuan yang dibagikan dalam kelas online tersebut meliputi off farm, on farm, branding, packaging serta kewirausahaan berkesinambungan.

 

Pada pelatihan off farm, para peserta diberikan pengetahuan untuk meningkatkan produktivitas budidaya kopi dan pemahaman tentang pengelolaan tanah dan benih serta penggunaan pupuk yang benar. Petani kopi dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang pasca panen dan pengolahan bijih kopi.

 

Untuk kelas on farm, para petani diberikan pengetahuan tentang pengolahan biji kopi dan pasca panen, pemberdayaan kepada masyarakat sekitar serta upaya-upaya untuk bisa bersaing di pasar kopi Indonesia bahkan internasional.

 

Para petani juga diberikan pelatihan tentang branding dan packaging untuk mengetahui cara pengelolaan brand produk, serta pelatihan membuat kemasan yang bagus untuk bisa mampu bersaing di pasar online (e-commerce).

 

Khusus untuk penjualan ekspor, para petani kopi dibekali pengetahuan tentang pemasaran ekspor produk kopi yang dapat dimanfaatkan baik melalui platform digital dan atau kegiatan pameran. Hal tersebut pada akhirnya diharapkan dapat mendorong pendapatan atau laba petani. Para petani kopi didorong untuk bisa “go global” dan mampu bersaing dengan produk-produk kopi di pasar internasional.

 

“Kami berharap berbagai materi dan pembekalan yang telah diberikan dapat memberikan motivasi kepada para peserta untuk tetap produktif. Selain itu, membuat pelaku UMKM juga lebih siap menghadapi berbagai kondisi, baik dalam masa pandemi maupun setelahnya,” imbuh Supari.

 

Sumber: Kompas.comOkezone

Foto: SerayuNews

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU