Rabu, 19 Juni 2024

Semen Baturaja Siapkan Strategi Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. telah menyiapkan sejumlah siasat untuk tetap melaksanakan kegiatan operasional di tengah penyebaran virus corona atau Covid-19 serta telah memperhitungkan dampak ekonominya.

 

Vice President Corporate Secretary PT Semen Baturaja, Basthony Santri mengatakan, pihaknya tengah melakukan diversifikasi produk turunan semen.

 

“Dalam upaya menahan penurunan permintaan semen yang diperparah akibat wabah Covid-19, SMBR telah menyiapkan strategi, salah satunya diversifikasi produk,” kata Basthony.

 

Perusahaan juga melakukan efisiensi biaya di berbagai lini. Dalam urusan pemasaran produk, Basthony bilang, emiten berkode saham SMBR itu juga fokus meningkatkan penjualan semen di pasar utama perseroan.

 

Pihaknya optimistis, kinerja akan tetap tumbuh pada tahun ini, meski penjualan SMBR hingga Februari sudah terkoreksi 14 persen seiring dengan adanya koreksi permintaan di Sumatra bagian selatan yang sebesar 12 persen.

 

“Kami mengharapkan adanya pertumbuhan permintaan semen di sektor retail sehubungan dengan stimulus atau insentif perumahan yang diberikan pemerintah,” katanya.

Basthony juga berharap adanya pembagian dana desa tahap pertama pada bulan Mei nanti akan mendongkrak peningkatkan penjualan semen SMBR.

 

Selain mempertahankan perusahaan dari segi ekonomi, kata Basthony, SMBR juga berupaya melindungi SDM-nya dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 sesuai standar pemerintah pusat.

 

Perusahaan sudah menyosialisasikan dan mengedukasi pegawai internal dan pihak eksternal tentang upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus tersebut melalui berbagai konten di media sosial, spanduk, poster, dan flyer yang tersebar di seluruh area kerja.

 

“Kami juga menerbitkan SOP Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid-19 bagi Karyawan/ti SMBR dan Keluarganya. Selain itu juga melakukan pengukuran suhu tubuh dan sterilisasi dalam sterilization chamber bagi Karyawan/ti dan Tamu yang masuk ke area kantor dan pabrik SMBR,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

 

Basthony menambahkan, SMBR juga tergabung dan berperan aktif dalam gugus tugas penanggulangan Covid-19 baik di Provinsi Sumsel maupun Kementerian BUMN.  SMBR turut mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

 

Beberapa waktu lalu, SMBR bersama dengan Pemerintah Kabupaten OKU telah melakukan penyemprotan disinfektan pada berbagai area publik di Kabupaten OKU yang kegiatannya telah dimulai dari 26 Maret lalu.

 

“Saat ini kami juga telah berkoordinasi dengan BUMN lainnya untuk mensuplai berbagai kebutuhan seperti APD untuk tenaga medis, masker dan hand sanitizer untuk masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya.

 

Sumber: Bisnis.comKontan.co.id

Foto: dok. Semen Baturaja

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU