Kamis, 28 Maret 2024

Hutama Karya Rapatkan Barisan untuk Cegah Covid-19

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia berkomitmen untuk membantu memutus rantai penyebaran virus corona dengan melakukan berbagai tindakan preventif di seluruh cabang tol yang dioperasikannya.

 

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa seluruh tindakan diatas dilakukan Hutama Karya untuk menekan laju penularan virus corona atau Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia saat ini.

 

“Kami di Hutama Karya bersama-sama rapatkan barisan untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini, salah satunya dengan semaksimal mungkin melakukan berbagai tindakan pencegahan di berbagai ruas tol yang kami kelola,” ujar Aries.

 

Hingga Rabu (15/4), Hutama Karya telah menutup sementara fasilitas top-up tunai dan Mobile Reader (MR) dan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh gerbang tol pada cabang tol yang dioperasikannya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir interaksi secara langsung antara petugas dan pengguna jalan agar tidak menimbulkan potensi penyebaran virus corona.

 

Diantaranya tol Medan-Binjai (Mebi), tol Palembang-Indralaya (Palindra), tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Sumatra, serta tol Akses Tanjung Priok (ATP) dan tol JORR seksi S (JORR-S) di Jakarta.

 

Sementara itu, sebelumnya, Hutama Karya cabang tol JORR-S berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan truk water cannon di sepanjang  tol JORR-S. Hal serupa juga telah dilakukan terlebih dahulu oleh cabang tol Terpeka di pintu masuk dan Rest Area KM 215 tol Terpeka.

 

Selain itu, cabang tol Terpeka juga memberikan dukungan kepada Desa Gedung Sri Mulyo dengan membantu melakukan penyemprotan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dengan menggunakan satu unit kendaraan roda empat jenis Tangki milik Hutama Karya dan 18 unit mannual sprayer milik masyarakat.

 

Cabang tol Hutama Karya lainnya yaitu cabang tol ATP memiliki cara sendiri dalam melawan penyebaran virus corona. Menggandeng Patroli Jalan Raya (PJR) III dan PT Jasamarga Toll Road Operator (JMTO), cabang tol ATP melaksanakan simulasi kecelakaan lalu lintas dengan penanganan yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan di KM 54.100 A ruas tol JORR.

 

Di cabang tol Bakter, Hutama Karya juga berinisiatif menyediakan ruang disinfektan di depan Kantor Cabang Kotabaru dan ruang isolasi sementara di Kantor Gerbang Tol (GT) Natar dikarenakan gerbang tol inilah yang paling dekat dengan Rumah Sakit Medika dari Natar. Sementara di cabang tol Palindra, Hutama Karya melakukan pengecekan suhu pengguna jalan dan penyemprotan disinfektan, khususnya kendaraan yang berasal dari luar kota (diluar plat BG).

 

Setelah diterapkannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta, Hutama Karya cabang tol JORR bersama dengan PJR juga aktif mengawasi penerapaan PSBB dengan membuat check point yang berlokasi di Gerbang Tol (GT) Pasar Rebo mulai Jumat lalu guna memastikan penerapan PSBB di tol JORR-S berjalan dengan efektif.

 

Lebih lanjut Aries menyatakan bahwa meski tetap beroperasi, Hutama Karya menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi petugas tol dalam bekerja, mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh setiap pergantian shift, dan penyediaan hand sanitizer di beberapa titik pada seluruh kantor cabang dan gerbang tol, hingga memastikan implementasi physical distancing.

 

“Kami berharap agar kita semua dapat bersatu memerangi virus corona ini, serta menghimbau untuk tetap Di Rumah Aja dan menunda sementara keinginan untuk mudik demi kesehatan keluarga di rumah,” pungkasnya.

 

Sumber: Detik.com, SWA

Foto: istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU