Sabtu, 20 April 2024

Cegah Corona, BTN Layani Transfer Uang Pensiun dari Taspen

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk resmi ditunjuk PT Taspen (Persero) sebagai penyalur uang pensiun kepada nasabah per April 2020. Hal ini dilakukan secara transfer untuk menekan penyebaran virus corona bila pengambilan uang pensiun tetap dilakukan secara tatap muka.

 

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan, khusus pada April ini, Bank BTN akan segera mentransfer dana tersebut langsung ke rekening para penerima dana pensiun tanpa ada blokir.

 

“Para peserta pensiunan juga tidak wajib melakukan otentikasi, sehingga bagi mereka yang memiliki kartu ATM bisa langsung menarik dananya di ATM BTN atau ATM berlogo Link di mana saja di seluruh Indonesia,” ungkap Ari.

 

Pelayanan via transfer untuk dana pensiun ini baru diimplementasikan sebab biasanya penarikan dananya dilakukan di outlet bank secara langsung karena mewajibkan otentifikasi data nasabah. Akan tetapi, berdasarkan imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing, seluruh penyaluran dana pensiun ini harus dilaksanakan tanpa tatap muka. Efektifnya adalah dengan memanfaatkan layanan perbankan digital dan melakukan pengiriman dana langsung oleh bank tanpa perlu proses otentifikasi.

 

Kendati perubahan tersebut, menurut Ari langkah ini sangat memudahkan nasabah dan prosesnya lebih cepat karena para nasabah penerima dana pensiun tidak perlu keluar rumah, naik transportasi umum menuju ke outlet. Nasabah juga bisa mengecek dana di rekening via internet banking BTN.

 

“Tanpa perlu keluar rumah, nasabah dapat mengakses layanan banking from home lewat aplikasi mobile banking, misalnya mengecek dana di rekening, mutasi rekening, membayar tagihan dan sebagainya,” imbuh Ari.

 

Saat ini, ATM BTN berjumlah lebih dari 2.090 unit ditambah jaringan ATM Link yang mencapai 53.000 unit sehingga memudahkan akses penarikan dana oleh nasabah.

 

Bagi nasabah yang belum memiliki kartu debit atau ATM BTN, petugas outlet BTN tetap siap melayani dengan protokol pelayanan yang sudah disiapkan. Sehingga nasabah bisa tetap mengambil dana pensiun di outlet terdekat.

 

Sumber: Bisnis.comKompas.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU