Kamis, 11 April 2024

Telkom Group Perkuat Akses Internet di RS Darurat Corona

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Menyusul telah ditetapkannya Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Corona, Telkom Group memperkuat jaringan telekomunikasi di area tersebut. Ketersediaan akses tersebut untuk mendukung tenaga medis dan tim satuan gugus tugas, serta pihak terkait dalam menjalankan aktivitasnya di lokasi.

“Untuk akses data dan internet di lokasi, Telkom Group melakukan penguatan sinyal selular Telkomsel dan menyediakan akses internet baik yang dedicated ataupun melalui akses Wifi.id termasuk layanan IndiHome,” jelas Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam siaran persnya, Senin (23/3/2020)

Selanjutnya Ririek menuturkan dukungan Telkom Group untuk Rumah Sakit Darurat tersebut berupa penyediakan Astinet (dedicated internet) 2 x 100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4 x 100 Mbps, akses Wifi.id 3 x 100Mb dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kementerian Kesehatan.

Sedangkan untuk akses mobile, Telkomsel juga memperkuat sinyal di area lokasi dengan peningkatan kapasitas BTS menjadi full capacity yang ditunjang dengan penambahan akses 500 hingga 800 Mbps dan BTS indoor serta penempatan BTS mobile (COMBAT).

Di samping infrastruktur tersebut, perusahaan plat merah ini juga menyiapkan perangkat pendukung lain seperti Server, PC (personal computer), Printer, dan TV Display.

“Keseluruhan dukungan untuk keperluan akses data dan internet ini telah selesai disiapkan dan dapat dipergunakan sesuai dengan rencana operasional Rumah Sakit Darurat Virus Corona ini pada hari ini (23/3),” pungkas Ririek.

Sementara itu, anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel memperkuat jaringannya yang berada di tiga lokasi, yaitu Hotel Patra Comfort, Rumah Sakit Pertamina Jaya, dan Wisma Atlet Kemayoran. Lokasi yang kesemuanya berada di Jakarta itu menjadi Rumah Sakit Darurat khusus penanganan pandemi virus corona COVID-19.

Sebelum diresmikan untuk jadi Rumah Sakit Darurat Corona, Telkomsel mengklaim telah melakukan pengecekan langsung di tiga lokasi tersebut.

Sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan telah dilakukan, yakni optimalisasi pemanfaatan frekuensi 900 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz, dan 2300 MHz yang tersedia di seluruh BTS, yang selama ini sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut.
 
“Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut, guna memperkuat kualitas jaringan broadband secara menyeluruh,” tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam siaran persnya, Senin (23/3/2020).

Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz.

Telkomsel mengharapkan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan tersebut dapat menjangkau kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran secara keseluruhan.

“Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya,” ujar Setyanto.

 

Sumber : inet.detik.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU