Kamis, 11 Juli 2024

Sejumlah BUMN Akan Kelola Wisma Atlet Kemayoran Sebagai RS Corona

ads-custom-5
Jakarta, BUMNInfo | Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan akan mempergunakan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit khusus untuk menampung pasien maupun orang dalam pemantauan (ODP) virus corona atau Covid-19. Sebanyak 2 ribu kamar di dua tower akan “disulap” sebagai kamar isolasi.
 
Untuk mempersiapkan ini semua, Menteri BUMN Erick Thohir mengerahkan berbagai perusahaan BUMN. Perbaikan fasilitas akan dilakukan oleh BUMN karya, yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), dan PT PP (Persero) Tbk. Pengadaan alat kesehatan juga akan melibatkan 25 BUMN.
 
Sementara untuk pengelolaan pelayanan akan dimandatkan kepada PT Hotel Indonesia Natour atau HIN. Alasannya, agar perusahaan yang telah berpengalaman mampu merapikan dan membersihkan sesuai standar kenyamanan kamar.
 
“Pak Menteri (Erick Thohir) meminta supaya Hotel Indonesia (Natour), manajemen kamar dan sebagainya dia yang manajemen, yang mengatur kamar dan sebagainya supaya rapi dan bagus. Ini kan 2.000 kamar, untuk pembersihan dan sanitasi sebagainya, itu perlu yang pengalaman,” terang Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga.
 
Arya menyebutkan, pada tahap pertama, sudah ada seribu kamar yang siap dioperasikan pada pekan depan. Mulai hari ini semuanya telah dipersiapkan agar fisik bangunan bisa digunakan sebagai rumah sakit.
 
“Ini lagi diperbaiki fisiknya jadi strukturnya dijadikan rumah sakit. Tidak banyak yang berubah. Tapi nanti ada beberapa lantai itu dijadikan isolasi, supaya virus tidak masuk. Itu yang mengerjakan oleh BUMN Karya,” pungkas Arya.
 
Nantinya operasional RS Corona di dua tower Wisma Atlet ini selain melibatkan berbagai BUMN juga Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun komandonya tetap berada di tangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
 
Keterlibatan para BUMN ini diharapkan mampu mempercepat kesiapan Wisma Atlet Kemayoran untuk segera melayani masyarakat yang terdampak virus SARS-CoV-2 ini.
 
Foto: Kementerian PUPR

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU