Sabtu, 13 Juli 2024

Akhirnya, RNI Siap Distribusikan Rapid Test Kit Covid-19

ads-custom-5
Jakarta, BUMNInfo | Setelah menunggu lampu hijau dari Kementerian Kesehatan, akhirnya 500 ribu test kit Covid-19 akan segera didistribusikan di Indonesia. Sebelumnya, Kementerian BUMN melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah memesan 500 ribu alat rapid test corona dari China sejak 10 Maret lalu. Pemesanan dalam jumlah besar itu agar proses uji Covid-19 bisa berlangsung cepat, masif dan murah.
 
Menurut Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, test kit yang dikirim dari China akan sampai di Indonesia secara bertahap, dimulai pada hari ini.
 
Rapid test sudah disetujui Kemenkes. Masuknya ke Indonesia bertahap, akan kita masukan tiap hari terus-terusan. Jumlah yang sudah masuk, detailnya saya tidak tahu,” ungkap Arya.
 
Arya menambahkan, test kit yang sudah masuk itu, akan segera disalurkan sesegera mungkin oleh RNI ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Ia pun menyebut bahwa alat tes itu sudah sesuai dengan standar WHO.
 
 
Perlu diketahui, Kementerian BUMN telah memesan ribuan alat tersebut langsung dari Hangzhou ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pemerintah menjemput alat-alat uji itu dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.
 
Menurut Arya, test-kit itu telah dipakai berbagai negara untuk mendeteksi positif Covid-19 atau tidaknya seseorang dalam waktu yang lebih singkat. Hasilnya bisa keluar hanya dalam waktu 15 menit hingga 3 jam.
 
“Kami langsung kirim pakai Garuda dari Hangzhou, cepat, dua hari juga sampai, jadi kebutuhan kita bisa dicukupi dengan cepat. Meskipun rapid test ini bukan tahapan terakhir,” tutur Arya.
 
Arya menilai dengan metode rapid test harganya akan lebih terjangkau dibandingkan tes yang ada saat ini. Kendati begitu, dia belum mau merinci berapa biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk membeli alat ini.
 
“Enggak mahal. Ada deh, tunggu saja. Yang pasti lebih murah dari tes di RS,” ujarnya.
 
Setelah diumumkan Presiden RI Joko Widodo pada 19 Maret siang bahwa pemerintah akan menghindari lockdown dan menggunakan metode rapid test seperti Korea Selatan, test kit yang sampai di Indonesia akan langsung didistribusikan oleh PT RNI ke RS dengan prioritas wilayah DKI Jakarta. Kebijakan itu ditenggarai mengingat saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta merupakan yang paling banyak di Indonesia.
 
Sumber: Kontan.co.id
Foto: Getty Images

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU