Rabu, 24 April 2024

Pelni Sosialisasi Pencegahan Corona ke Penumpang dan Awak Kapal

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) melaksanakan sosialisasi pencegahan dan tatalaksana infeksi virus covid-19 di atas KM Ciremai yang sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan bahwa sosialisasi tersebut merupakan antisipasi awal yang dilakukan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi laut yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

“Kapal-kapal penumpang kami memiliki rute pelayaran yang panjang dan 1 trip perjalanan (PP) dapat memakan waktu hingga dua minggu, sehingga melalui kesempatan ini kami kembali memberikan edukasi kepada Nakhoda dan ABK dalam melakukan tindakan preventif bagi penumpang,” jelasnya, Kamis (5/3/2020)

Awak Badan Kapal, imbuhnya, juga mulai melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada para penumpang kapal melalui pengumuman yang diberikan setiap 3 jam sekali. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan guna menjaga kenyamanan dan keamanan selama pelayaran berlangsung.

Dia menuturkan, kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilakukan di KM Ciremai saja tetapi juga dilakukan pada seluruh kapal yang dioperasikan Pelni.

Selain itu, manajemen juga melaksanakan sosialisasi di kantor pusat dan cabang. Hal ini tentu untuk menjaga dan mewaspadai kondisi kesehatan di wilayah lingkungan kerja Pelni.

Pelni juga menghimbau kembali kepada seluruh calon penumpang, sebelum membeli tiket untuk benar-benar memastikan kondisi kesehatan. Selain itu, jika ada penumpang dalam perjalanan ada yang merasa kurang sehat, diharapkan segera melapor kepada petugas atau langsung datang ke poliklinik kapal yang siap melayani 24 jam.

Selain memastikan kondisi kesehatan, perusahaan juga menghimbau kepada penumpang untuk selalu memperhatikan kebersihan kapal.

“Kebersihan kapal pun selalu kami jaga selama 24 jam. Kami turut menghimbau bagi para penumpang kapal untuk turut serta menjaga kebersihan kapal selama pelayaran berlangsung agar perjalanan semakin nyaman,” ungkapnya.

Pelni sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 46 trayek kapal perintis yang menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

Sumber : ekonomi.bisnis.com

Foto : ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU