Senin, 20 Mei 2024

Pantai Nangelan, Surga Tersembunyi Di Balik Perkebunan Milik PTPN

ads-custom-5

Jember, BUMNInfo | Mungkin sebagian dari kalian masih asing dengan Pantai Nanggelan. Pantai yang masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini bak surga tersembunyi di Kabupaten Jember.

Berlokasi di Dusun Blater, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, dibutuhkan perjuangan untuk mengunjungi pantai ini.

Untuk menuju Pantai Nanggelan, pengunjung bisa mengambil rute kearah selatan menuju Kecamatan Ambulu dari pusat Kabupaten Jember. Di perempatan Ambulu, ambil rute kiri ke arah Nanggelan, Blater. Dari sana, pengunjung mulai memasuki perkebunan milik PT. Perkebunan Nusantara (PTPN). Setelah memasuki hutan pohon jati, carilah gubug kecil untuk parkir kendaraan.

Setelah membayar biaya retribusi sebesar Rp 10 ribu, kalian diharuskan jalan kaki mendaki dan menuruni bukit selama satu jam untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Nanggelan.

Lelah di perjalanan tak akan sia-sia setelah melihat hamparan luas pasir pantai yang lembut di Pantai Nanggelan. Kondisi pantainya yang bersih juga sangat memanjakan untuk dilihat. Namun sayang ombak Pantai Nanggelan kurang bersahabat.

Tapi pengunjung tak usah khawatir, masih banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Diantaranya, mendirikan tenda dan camping beralaskan pasir pantainya yang lembut, menikmati senja yang mempesona, memandangi langit malam yang cerah bersih dari polusi cahaya.

Sayangnya eksotisme Pantai Nanggelan tidak di dukung dengan fasilitas yang memadai. Akibatnya potensi wisata Kabupaten Jember yang satu ini tak terekspos ke masyarakat luas.

“Saya iri dengan Banyuwangi pemerintahnya peduli sekali dengan pariwisata, ini aja (Nanggelan) masih lebih bagus dengan punya sana (Banyuwangi) kenapa pemerintah Jember diam saja, padahal ini potensi yang bagus, tolong dikasih infrastruktur yang memadai,” keluh Jumadi, guide yang sekaligus menjadi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dusun Ungkalan.

Sumber : nusadaily.com

Foto : nusadaily.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU