Rabu, 22 Mei 2024

ASDP Siapkan Rp1,6 Triliun di 2020, Beli Kapal Baru Hingga Revitalisasi Pelabuhan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Direktur Utama PT PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pendapatan perusahaan sepanjang tahun 2019 sebelum dilakukan audit sebesar Rp3,2 triliun. Sementara labanya mencapai Rp361 miliar.

Untuk tahun ini, ASDP menganggarkan Rp1,6 triliun untuk belanja modal (capital expenditure) tahun. Rencananya, perusahaan akan membeli 11 kapal jenis Ro-Ro, revitalisasi pelabuhan, dan digitalisasi tiket. “Paling besar untuk penambahan armada,” kata Ira di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (6/2).

Dia menjelaskan, dalam 5 tahun, ASDP memerlukan 54 kapal dengan kebutuhan dana Rp1,8 triliun. Namun tahun ini ASDP akan membeli 11 armada baru.

Selain itu, ASDP juga akan melakukan revitalisasi di semua pelabuhan yang dikelola ASDP, dengan lama pengerjaan selama 1 tahun. Selanjutnya, ASDP akan melakukan digitalisasi pembelian tiket, sebab masih ada beberapa pelabuhan yang masih menjual tiket secara manual, “Nanti sebentar lagi akan berbasis elektronik,” imbuhnya.

Proses digitalisasi ini perlu dilakukan secara bertahap, sebab ada 35 pelabuhan dengan 45 lintasan. Targetnya, proses digitalisasi akan selesai dalam waktu 1,5 tahun.

Saat ini pembelian tiket online bisa dibeli di website dan beberapa gerai offline di mini market dan kantor pos.Ira menyebut pembelian tiket offline ini masih banyak diminati penumpang dari wilayah timur seperti NTT dan Labuan Bajo

Sumber : www.merdeka.com

Foto : Merdeka.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU