Kamis, 29 Februari 2024

Bangun Rumah Produksi di Nusa Dua, Biofarma Kembangkan Produk Berbahan Baku Hasil Laut

ads-custom-5

Badung, BUMNInfo | Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mendorong agar pengembangan berbagai produk Biofarma menggunakan bahan baku hasil laut sehingga sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik dibukanya Gerai Marine Spa dan Rumah Produksi Biofarma yang memanfaatkan sumber daya pesisir dan laut. Hal ini memberi bukti bahwa kita kaya akan sumber daya pesisir dan laut dan jika dimanfaatkan dengan baik akan bisa memiliki nilai ekonomis,” kata Dewa Indra saat meresmikan Gerai Marine Spa Nusa Dua dan Rumah Produksi Biofarma Nusa Penida di Koperasi Yasa Segara, di Komplek ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pengembangan usaha sejenis ini terus dilakukan sehingga hasil sumber daya pesisir dan laut dapat memilki nilai ekonomis dan membawa peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kami sangat mendukung pengembangan usaha ini. Saya harap ini bisa menjadi embrio dan titik awal yang nantinya akan terus dikembangkan baik produk, kualitas maupun pemasarannya,” ujarnya.

Dewa Indra pun berharap semua pihak yang terkait dapat mendukung dan bekerja sama dalam upaya peningkatan mutu dari produk Biofarma berbahan baku hasil laut sehingga bisa sesuai dengan keinginan dan selera pasar.

“Dengan kualitas dan mutu yang baik maka pemasaran akan dapat diperluas,” ujar mantan Kepala Pelaksana BPBD Bali itu.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut , Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sukowardono menyampaikan bahwa rumah produksi Biofarma adalah tempat produksi sabun dan lulur berbahan baku rumput laut.

Sedangkan Gerai Marine Spa adalah sarana promosi produk-produk Biofarma berbahan baku hasil laut yang dilengkapi dengan fasilitas spa menggunakan bahan-bahan farmasi hasil laut.

Dengan dibukanya Rumah Produksi Biofarma dan Gerai Marine Spa diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kelompok, di samping itu dapat menjadi percontohan dalam pengelolaan dan pemanfaatan produk Biofarma berbahan baku hasil laut.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan serah terima dan peluncuran bantuan berupa Renovasi Gerai Marine Spa dan Peralatan Penunjang kepada Kelompok Yasa Segara di Pantai Bengiat serta Renovasi Rumah Produksi Biofarma dan Peralatan Produksi kepada Kelompok Nusa Berdaya di Nusa Penida.

Sumber : bali.antaranews.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU