Senin, 5 Juni 2023

102 Tahun Balai Pustaka; 300 Siswa dan Mahasiswa Ikuti Festival Sitti Nurbaya

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Sebanyak 300 pelajar, mahasiswa dan anggota sanggar di Jabodetabek mengikuti Festival Sitti Nurbaya; 102 Tahun Balai Pustaka di Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Festival diisi dengan lomba cipta puisi, lomba deklamasi, lomba musikalisasi puisi, dan lomba drama pendek bertema Sitti Nurbaya yang diangkat dari novel karya Marah Rusli.

Festival tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Musikalisasi Puisi (Kompi) bekerja sama dengan Balai Pustaka dan dukungan penuh PT Pegadaian.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati 102 lai Pustaka sekaligus mendukung promosi film layar lebar Sitti Nurbaya yang akan tayang pada akhir 2020 mendatang.

Dirut PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji mengatakan, Festival Sitti Nurbaya merupakan salah satu momentum untuk mendorong generasi muda khususnya peserta Sanggar Sastra Balai Pustaka mulai angkatan I sampai angkatan V dan seterusnya bersinergi menyaksikan film Sitti Nurbaya yang saat sedang dalam proses pengambilan gambar.

Ketua Kompi Fikar W Eda menjelaskan kerja sama Kompi dengan Balai Pustaka sudah berlangsung sejak 2017 dalam program sanggar sastra.

Kegiatan festival ini adalah forum atau ruang bagi peserta sanggar sastra dan umum untuk berkreasi aktif dalam empat cabang lomba, yakni cipta puisi, deklamasi, drama pendek, dan musikalisasi puisi.

Festival Sitti Nurbaya juga dimeriahkan dengan parade apresiasi sastra dan malam anugerah festival.

Parade diisi dengan pertunjukan kolaborasi musikalisasi puisi oleh Kompi Jogja, Kompi Sumut, dan Kompi Jakarta.

Penyair Irmansyah tampil membacakan puisi pemenang lomba cipta puisi Sitti Nurbaya.

Pertunjukan lainnya pembacaan pantun oleh Aan Munadi, Huri Yani Azra, Subiyanto, dan Ravita Merry.

Mereka adalah manajemen Balai Pustaka. Pembacaan pantun diiringi tiupan bansi oleh Dedi Kamera Tivi Suryadi.

Sumber : aceh.tribunnews.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU