Senin, 20 Mei 2024

Penataan Ulang, Strategi TWC Tingkatkan Kemegahan Candi Borobudur

ads-custom-5

Magelang, BUMNInfo | Kemegahan Candi Borobudur bakal dinikmati wisatawan setelah memarkir mobilnya. Agar lebih megah, Dirut pengelola Candi Borobudur punya ide brilian.

Dirut PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengatakan, concourse (jalan utama dari pintu utama menuju halaman Candi Borobudur) ingin dijadikan lebih luas. Hal ini agar Candi Borobudur bisa terlihat kemegahannya dari jarak yang cukup.

“Oleh karena salah satu yang menjadi prioritas dalam waktu dekat akan kita lakukan adalah penataan kembali concourse ini. Kita akan perlebar concourse sisi kanan, kirinya sehingga nanti concourse itu menjadi area pandang yang sangat bagus ke arah Candi Borobudur,” kata Edy Setijono di sela-sela menerima kunjungan Menparekraf Wishutama di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019)

Sebagaimana diketahui di kawasan Candi Borobudur terdapat area yang dikenal dengan sebutan concource. Adapun area ini merupakan jalan utama dari pintu utama ke halaman Candi Borobudur. Sedangkan concource yang berada di Candi Borobudur ini berupa jalan dari susunan batu andesit dengan taman di tengahnya sebagai pembatas jalan.

“Khusus concource lebih banyak perhatian agar concource betul-betul menjadi spot untuk melihat keindahan Candi Borobudur. Ya, yang kita punya ini akan kita perlebar supaya orang jalan sudah bisa melihat kemegahan Candi Borobudur,” ujarnya.

Adapun rencana untuk melebarkan concource tersebut akan dimulai pada Januari 2020. Nantinya direncanakan akan dilebarkan antara 18 meter sampai 22 meter.

“Sekarang lebarnya 15 meter, nantinya dilebarkan sekitar 21 sampai 22 meter. Jadi akan ada areal yang cukup lapang untuk melihat Borobudur secara utuh,” kata dia.

Sumber : travel.detik.com

Foto : ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU