Senin, 4 Maret 2024

Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Produksi INKA Resmi Beroperasi

ads-custom-5

Solo,BUMNInfo | PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengoperasikan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo mulai Minggu (29/12). Dalam dua bulan pertama operasinya, penumpang Kereta Api Bandara Adi Soemarmo bisa menikmati fasilitas itu secara gratis.

“Pada dasarnya sudah siap 100 persen. Besok (Minggu) akan kita lakukan soft opening untuk dioperasikan secara terbatas. Headway (jeda antara kedatangan kereta)-nya mungkin 1 jam,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan fasilitas Kereta Api Bandara di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019).

Budi mengatakan, untuk sementara dalam dua bulan ke depan tarif tiket kereta Bandara Adi Soemarmo  Rp 0 alias masih gratis. “Setelah itu akan kita kaji lagi,” kata Budi menambahkan.

Penggratisan tarif tiket untuk dua bulan pertama pengoperasian agar anak-anak sekolah dan masyarakat dari luar Solo, seperti Wonogiri, Sragen yang ingin pergi ke Bandara Adi Soemarmo bisa menggunakan antar modal terintegrasi itu.

Selain itu, pemerintah ingin Kereta Api Bandara Adi Soemarmo menjadi contoh moda transportasi terintegrasi yang baik bagi masyarakat. “Bayangkan orang dari Wonogiri, orang dari Madiun turun di Terminal Tirtonadi bisa langsung ke Bandara Adi Soemarmo dan ke mana-mana,” kata Budi.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro menambahkan, Kereta Api Bandara Adi Soemarmo menyediakan dua rangkaian kereta satu cadangan untuk melayani relasi Stasiun Solo Balapan-Stasiun Bandara Adi Soemarmo.

“Jadi, kereta ini langsung masuk ke bandara. Tidak nyambung ke mana-mana. Ini adalah kereta pertama di Indonesia yang masuk ke bandara,” ucap Edi.

Kereta Api Bandara akan melayani sebanyak 60 perjalanan pulang-pergi dalam sehari menggunakan Kereta Api Solo Ekspres buatan PT INKA Madiun. Satu rangkaian Kereta Api Solo Ekspres terdiri dari empat kereta dengan kapasitas angkut sebanyak 393 penumpang.

Sumber : regional.kontan.co.id

Foto : Medcom.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU