Minggu, 3 Maret 2024

Gaet Korea Selatan, Bio Farma Produksi Immunoterapi untuk Kanker

ads-custom-5

Bandung, BUMNInfo | Bio Farma kembali memperluas jaringan kolaborasi dengan dua perusahaan asal Korea Selatan yaitu ForeverNK Inc.dan Aribio Co. Ltd. 

Awal kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Bio Farma dengan dua perusahaan yang bermarkas di Seongnam tersebut mengenai penjajakan dan pengembangan potensi kesempatan bisnis yang melibatkan untuk produk yang sifatnya terapi atau terapeutik untuk pengobatan kanker. 

MoU ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, Chief Executive Officer ForeverNK, Jung Hoon Oh, dan Vice Chariman, Soo-Hyun Sung.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan produk yang dibuat, menggunakan teknologi “NK Cell Therapy” yang akan disediakan oleh ForeverNK Inc sedangkan “NK Cell Conditioned Media”, akan didapat dari Aribio Co. Ltd.

“Kerja sama ini merupakan awal dari dimulainya produk – produk Bio Farma untuk immunoterapi, khususnya untuk penyakit kanker,” kata Honesty dalam keterangan resminya, Selasa (17/12/2019)

NK (Natural Killer) Cell  atau Sel-sel pembunuh alami adalah sel limfoid bawaan yang memberikan perlindungan dini terhadap perkembangan kanker dengan cara membunuh sel-sel abnormal dalam tubuh yang menjalani transformasi seluler tanpa perlu stimulasi sebelumnya. 

Teknologi NK Cell therapy ini, akan disediakan oleh ForeverNK. Sedangkan NK Cell Conditioned Media merupakan media atau ‘tempat’ tumbuhnya NK Cell yang akan dibuat dalam suatu kultur jaringan yang dibuat oleh Aribio,” ungkapnya.

Honesti Basyir menyebutkan, Bio Farma yang saat ini sudah menjadi Holding farmasi BUMN per Oktober 2019 yang lalu, akan mulai merambah ke bisnis produk farmasi yang sifatnya imunoterapi, salah satunya produk dari hasil dari penjajakan MoU ini. 

Sumber : amp.wartaekonomi.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU