Jumat, 19 April 2024

Damri Siapkan 35 Armada Antisipasi Kenaikan Jumlah Penumpang Saat Natal dan Tahun Baru

ads-custom-5

Mataram, BUMNInfo | Perum Damri melakukan antisipasi kenaikan jumlah penumpang saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebanyak 35 armada telah dipersiapkan. 35 armada ini masing-masing 15 armada jumbo dan 20 armada medium. Diproyeksikan, kenaikan jumlah penumpang bus Damri untuk Nataru 2019 ini mencapai 40 persen. “35 armada ini kondisinya sudah 100 persen laik jalan,” tegas Plt. General Manajer Perum Damri di Mataram, Setiyoko.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 12 Desember 2019, Manajer Teknik Perum Damri Mataram ini menjabarkan, untuk armada jumbo, Damri mempersiapkan Bus Rapid Transit (BRT) yang telah dimodifikasi 10 armada menjadi bus pariwisata. Dengan kursi tidak lagi berhadap-hadapan. Melainkan seluruh penumpang dengan kapasitas 45 kursi menghadap depan. Sebagaimana interior bus umumnya. Selain itu, masing-masing armada juga telah dilengkapi dengan perangkat audio.

Sementara 20 armada medium, dengan kursi 27 dan 33 penumpang. Tahun lalu, kenaikan jumlah penumpang saat nataru mencapai 40 persen. Karena itu, tahun 2019 ini, kata Setiyoko proyeksinya juga sama. Secara keseluruhan, total jumlah armada di Perum Damri Mataram mencapai 86 armada yang dioperasikan. 35 armada ini, lanjut Setiyoko tidak saja untuk melayani kebutuhan di rute-rute yang dilayani, kepada masyarakat yang ingin memanfaatkannya untuk berwisata, Damri juga menyiapkannya untuk carter.

“Seperti tahun-tahun lalu, biasanya ada saja yang minta carter. Bisa rombongan kantor, bisa juga untuk rombongan keluarga,” ujarnya. Untuk carter, armada dapat dimanfaatkan sesuai keperluan. Beriwisata ke destinasi-destinasi wisata di Pulau Lombok, maupun di Pulau Sumbawa atau berwisata ke luar daerah. Perum Damri Mataram juga tidak jarang melayani kebutuhan carter hingga ke luar NTB.

Setiyoko menambahkan, untuk Nataru tahun 2019 ini, Perum Damri juga tetap akan memaksimalkan pelayanan disluruh rute yang dilayaninya. Seperti diketahui, untuk rute komersil, Damri melayani Mataram-Dompu, Mataram-Empang-Plampang- Lunyuk-Plampang Maluk- Taliwang.

Sementara untuk rute-rute rintisan, Damri melayani sembilan rute Mataram-Matta (Bima), Mataram-Ropang (Sumbawa), Mataram-Moyo (Sumbawa), Mataram-Talonang (Sumbawa Barat), Mataram-Orong Telu (Sumbawa) dan rute Sumbawa-Sampargoal. Sementara di Pulau Lombok, ada rute rintisan Mataram-Bangko-bangko (Sekotong Lombok Barat), Mataram-Santong (Lombok Utara) dan Mataram – Suela (Sembalun Lombok Timur).

“Setiap hari dilayani rute-rute rintisan. Walaupun medannya ekstrem dan penumpangnya kadang-kadang kosong. Damri tetap melayani untuk kemudahan transportasi masyarakat di seluruh NTB,” demikian Setiyoko.

Sumber : www.suarantb.com

Foto : ANTARA FOTO/Galih Pradipta.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU