Selasa, 23 April 2024

Untuk Pertama Kalinya, Resto KAI Dapatkan Sertifikasi Halal

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) memberikan sertifikasi halal untuk makanan yang dijual di restoran kereta api.

Pemberian sertifikasi halal tersebut diberikan kepada PT Reska Multi Usaha, selaku anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku penyedia jasa untuk mendukung penyelenggaraan perkeretaapian, melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program PT KAI sebagai induk perusahaan.

Sertifikasi halal di restoran kereta api tersebut merupakan yang pertama kalinya didapatkan oleh PT KAI.

Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati mengatakan sertifikasi halal untuk PT Reska tersebut bernomor SH SH No.00340099851119 yang akan berlaku tanggal 06 November 2019 hingga 05 November 2021.”Untuk resto kereta api baru pertama,” ujarnya.

Seritifikasi halal tersebut, imbuhnya dikeluarkan untuk 239 menu makanan yang dijual. Muti menyampaikan sertifikasi halal itu dikeluarkan untuk resto kereta yang ada di jalur Pulau Jawa.

“Disertifikasi sebagai katering yang mensuplai resto kereta api dengan 10 dapur yakni Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Sidotopo, Malang, dan Dapur Solo,” ujar dia.

Sementara itu, melansir dari rilis Kereta Api Indonesia, pemberian sertifikasi halal dari LPPOM MUI diberikan kepada PT RMU pada Kamis (28/11/2019).

Penyerahan sertifikasi dilakukan oleh Muti Arintawati kepada Vice President Business Development Agung Wahyu Wibawanto and Production PT RMU di Gedung Global Halal Centre, Bogor, Jawa Barat.

Agung Wahyu mengungkapkan pengajuan sertifikasi halal sudah dilakukan sejak 2017. Pada prosesnya dibentuk tim khusus yakni Komite Halal Internal sehingga proses sertifikasi dapat terselesaikan dengan baik.

“Proses sertifikasi halal ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi kami. Dari sana, kami mendapatkan saran untuk mengatur dapur kami menjadi lebih baik lagi. Yang terpenting, kami sudah mulai memahami teknis implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH),” ujar Agung.

PT Reska Multi Usaha juga memiliki 13 kafe yang ada di Indonesia yang bernama Loko Cafe. Kafe tersebut menjadi target selanjutnya bagi PT RMU untuk membuat sertifikasi halal.

Diharapkan sertifikasi halal ini membuat semua pengunjung mendapatkan kepastian akan kehalalan produk dan menjadi tak ragu lagi untuk membeli produk-produk PT RMU.

Sumber : www.kompas.com

Foto : KAI

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU