Kamis, 20 Juni 2024

Distribusi Semen ke Pelosok, Semen Indonesia Gandeng Pelindo III Perlancar logistik, Energi Hingga Kepelabuhan

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info | PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III melakukan perjanjian kerja sama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR). Terdapat tiga kerja sama pada dua BUMN itu yaitu logistik, energi, dan kepelabuhanan.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menjelaskan, kerjasama dilandasi berbagi keahlian agar dapat memberikan nilai lebih pada bisnis masing-masing. Antara Pelindo III di bidang kepelabuhanan dengan Semen Indonesia sebagai produsen semen besar nasional.

“Pelindo III memiliki kemampuan dan fasilitas di sektor logistik pelabuhan yang dapat mendorong distribusi dari produk-produk Semen Indonesia ke pelosok negeri,” kata Doso Agung dalam keterangannya, Rabu (28/8/2019).

Kemudian dari sisi energi, tutur Doso, inovasi Pelindo III untuk menyediakan sumber energi listrik untuk kapal sandar di dermaga yang bisa dimanfaatkan untuk menyuplai energi listrik pada crane bongkar muat yang ada di kapal pengangkut muatan milik Semen Indonesia.

“Sehingga bisa lebih menghemat biaya operasional. Karena energi listrik lebih efisien daripada menggunakan bahan bakar minyak untuk diesel mesin tambahan kapal saat sandar,” tutur dia.

Doso menambahkan, Pelindo III sebagai BUMN operator pelabuhan juga siap untuk membantu mengoperasikan sejumlah pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dimiliki Semen Indonesia di berbagai daerah.

“Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan utilisasi aset TUKS yang masih rendah pemanfaatannya agar bisa meningkat,” pungkas Doso Agung.

 

Sumber: www.suara.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU