Sabtu, 20 April 2024

Virama Karya Turut Garap Jaringan Gas di 4.490 Rumah

ads-custom-5

Lhoksukon, BUMNInfo | Sebanyak 4.490 unit rumah di 10 gampong di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara akan dialiri jaringan gas untuk rumah tangga. Hal itu dikatakan Kasie Perencanaan Infrastruktur Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Retno Wibawani ketika sosialisasi dan serah terima lapangan pembangunan jaringan pipa gas bumi untuk rumah tangga di Oproom Setdakab Aceh Utara di Lhokseumawe, Kamis (13/6/2019).

Dia mengatakan, di tahun 2019 ini akan dibangun untuk 4.490 sambungan jaringan gas di 10 gampong di Kecamatan Dewantara meliputi Gampong Keude Krueng Geukueh 257 SR, Tamboh Baroh 465 SR, Uteun Geulinggang 588 SR, Glumpang Sulu Timur 295 SR, Ulee Pulo 417 SR. Selanjutnya Gampong Ulee Reuleung 187 SR, Glumpang Sulu Barat 248 SR, Lancang Barat 540 SR, Tambon Tunong 658 SR, dan Paloh Lada 835 SR.

Dia menjelaskan pemasangan jaringan gas ini merupakan program pemerintah pusat sejak tahun 2009, di Aceh Utara program ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu.

“Saat ini Aceh Utara sudah tersambung jaringan gas sebanyak 5000 rumah tangga di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Lhoksukon, Tanah Luas, Syamtalira Aron, Matangkuli dan Nibong”, jelasnya

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad mengatakan, pembangunan jaringan gas rumah tangga merupakan satu terobosan bagi kemajuan daerah.

“Jarungan gas rumah tangga yang sudah tersambung lima kecamatan, maka itu dapat mengurangi beban masyarakat untuk mendapatkan gas untuk kebutuhan.

“Selama ini kadang masyarakat sering susah mendapatkan elpiji yang dijual dalam tabung, baik tabung 3 kg maupun tabung 12 kg, dengan adanya sambungan langsung ke rumah kendala-kendala seperti ini tidak akan ada lagi,” kata Cek Mad.

Ia juga mengajak seluruh stakeholder untuk mendukung pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga. “Ini merupakan satu terobosan dalam pembangunan bagi kemajuan daerah, sebab itu saya sendiri yang langsung menjumpai Kementerian ESDM di Jakarta untuk pembangunan jaringan gas di Aceh Utara,” ujar Bupati Aceh Utara.

Ia harapkan saat proses pemyambungan nanti tidak ada kendala apa-apa di lapangan. “Saya ingatkan, jangan ada masalah dalam pembangunan jaringan gas ini,” katanya.

Dia menilai jaringan gas rumah tangga di Kecamatan Dewantara sudah layak,  karena banyak kompleks perumahan yang ada di kawasan tersebut. Sosialisasi dan serah terima lapangan pembangunan jaringan pipa gas bumi untuk rumah tangga bagi Kecamatan Dewantara ini turut dihadiri oleh seluruh stakeholder terkait.

Selain pejabat dari Kementerian ESDM, Sekda Abdul Aziz, Asisten I Dayan Albar, para staf ahli Bupati, sejumlah Kepala SKPK, para Kabag, mewakili dari manajemen PT Pertamina Hulu Energi (PHE – NSB), PT Perta Arun Gas, PT Pertagas Niaga, PT PIM, konsultan pengawas dari KSO PT Amythas – PT Virama Karya, serta kontraktor pelaksana PT Hutama Karya. Selain itu, juga hadir Camat Dewantara Fadli Dakuta dan seluruh geuchik (kepala desa) setempat.

Sumber : acehtrend.com

Foto : Mulyadi Pasee

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU