Senin, 15 Juli 2024

Mandiri Berdayakan Generasi Masa Depan Lewat Inovasi Bisnis

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | Pesatnya pertumbuhan teknologi informasi di Indonesia membuat perubahan yang signifikan dalam pola hidup masyarakat, tak terkecuali aktivitas berbisnis. Hal ini tentu sangat mempengaruhi kemajuan berbagai perusahaan termasuk industri perbankan. Oleh karena itu, setiap perusahaan atau korporasi harus terus memberikan inovasi agar memiliki daya saing yang tinggi dan meningkatkan nilai tersendiri sehingga diterima oleh masyarakat.

Hal serupa dikatakan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada acara Mandiri Beyond Wealth yang diselenggarakan di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (7/8/2019) lalu. Menurutnya, perkembangan teknologi saat ini telah mengatur pola dan gaya hidup seseorang. Tanpa penanaman teknologi dalam berbisnis, industri perbankan akan mengalami kemunduran dan kehilangan nilai sehingga ditinggalkan oleh masyarakat.

“Perubahan ini tentu mengubah gaya, mengubah perbankan, mengubah sistem yang mana harus kita ikuti. Kalau tidak kita ikuti maka akan terjadi sebuah kemunduran,” ujar JK.

“Dengan perubahan pola bisnis tersebut pelaku usaha tidak lagi mengutamakan keuntungan tetapi lebih kepada nilai (value) daripada perusahaan tersebut. Sebut saja, beberapa perusahaan teknologi yang masih merugi namun secara nilai terus bertumbuh,” imbuhnya.

Melihat fenomena tersebut, Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengajak para nasabahnya terkhusus High Net Worth Individuals (HNWI) untuk memanfaatkan inovasi berbasis teknologi sebagai dampak dari fenomena digital disruption.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan hasil kajian sejumlah lembaga riset internasional seperti survey MIT Sloan Management pada 2017 yang mendapati bahwa perusahaan yang mendapatkan 50% pendapatan berasal dari ekosistem digital mencapai pertumbuhan hingga 32% lebih tinggi dan margin laba 27% lebih tinggi dibandingkan perusahaan-perusahaan biasa.

“Disrupsi digital merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari. Namun dengan penggunaan inovasi teknologi yang tepat, produktivitas, efektivitas, dan efisiensi dapat semakin meningkat dan dapat dijadikan sebagai salah satu competitive advantage suatu perusahaan,” kata Hery.

Bank Mandiri kini tengah menyiapkan diri untuk membangun ekosistem digital untuk para nasabahnya. Hal ini akan membantu nasabah dalam pengelolaan keuangan pribadi, sebagai salah satu nilai atau value yang diberikan kepada nasabah.

“Salah satu inovasi teknologi yang sedang dibangun Bank Mandiri adalah platform digital wealth sebagai media yang memungkinkan nasabah HNWI melakukan investasi langsung, seperti membeli reksadana ataupun obligasi. Targetnya, platform ini akan diperkenalkan pada 2020 mendatang,” ungkapnya

 

Sumber : 

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190815123505-297-421573/mandiri-berdayakan-generasi-masa-depan-lewat-inovasi-bisnis

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU