Rabu, 17 April 2024

Geser Telkom, BRI Menjadi BUMN Terbesar Penyetor Dividen Ke Negara Tahun 2019

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo |  Setoran BUMN ke kas negara melalui dividen PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) makin moncer tahun ini. Dari target Rp 45,58 triliun yang diproyeksikan pada 2019, ternyata bisa mencapai Rp 79,68 triliun.

“Pemerintah menerapkan kebijakan pay out ratio yang tepat untuk mendukung penguatan permodalan BUMN sehingga realisasi pendapatan dari kekayaan negara dipisahkan pada tahun 2019 diperkirakan mencapai Rp79.681,2 miliar atau lebih tinggi 74,8 persen dari target tahun 2019,” demikian dikutip dari Nota Keuangan 2020.

Dalam RAPBN tahun 2020, pendapatan dari kekayaan negara dipisahkan ditargetkan sebesar Rp 48 triliun atau lebih rendah 39,8 persen dibandingkan outlook APBN tahun 2019. Dari target tersebut, pendapatan dari bagian pemerintah atas laba BUMN perbankan direncanakan sebesar Rp 20 triliun dan pendapatan dari bagian pemerintah atas laba BUMN non-perbankan direncanakan sebesar Rp 27 triliun. 

Secara umum, pendapatan negara dari Bagian Pemerintah atas Laba BUMN terus meningkat. Penyetor terbesar Bagian Pemerintah atas Laba BUMN pada tahun 2019 dari BUMN sektor perbankan, antara lain PT Bank BRI, PT Bank Mandiri, dan PT Bank BNI. Sementara itu BUMN sektor non perbankan yang memiliki kontribusi setoran Bagian Pemerintah atas Laba BUMN terbesar antara lain PT Telkom Indonesia, PT Pertamina, dan PT PLN. 

Di 2019 sendiri diproyeksikan BRI menjadi yang paling banyak menyetorkan dividen ke negara dan untuk pertama kalinya mengalahkan Telkom dan Pertamina.

Tahun lalu Telkom yang paling banyak menyetorkan dividennya ke negara.

Sumber : cnbcindonesia.com

Foto : BRI

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU