Senin, 4 Maret 2024

Mengenal Reksa Dana Exchange Traded Fund PT Danareksa Investment Management

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | PT Danareksa (Persero) melalui anak usahanya PT Danareksa Investment Management (DIM) konsisten dalam memberikan solusi bagi kebutuhan investasi masyarakat. Salah satunya melalui produk Exchange Traded Fund (ETF) yang dimiliki oleh PT Danareksa Investment Management.

ETF merupakan salah satu produk investasi DIM selain Reksa Dana lainnya yang dipasarkan kepada nasabah. ETF adalah Reksa Dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek.

Hal inilah yang membedakan ETF dengan Reksa Dana yang lain karena untuk membeli atau menjual Unit Penyertaan ETF menggunakan mekanisme transaksi saham melalui Anggota Bursa (Perusahaan Sekuritas), sementara Reksa Dana biasa, transaksi jual belinya dilakukan melalui Manajer Investasi atau Agen Penjual Reksa Dana.

Marsangap P Tamba selaku Direktur Utama DIM menyampaikan, pasar ETF di Indonesia berkembang cukup pesat dikarenakan ETF memiliki beberapa keunggulan. Pertama, sebagai Reksa Dana, tentunya adalah diversifikasi portofolio, sehingga investasi investor akan secara otomatis disebar ke dalam beberapa saham untuk optimalisasi hasil investasi dan meminimalisir risiko.

Kedua, fleksibilitas waktu transaksi, di mana dapat memanfaatkan momentum (market timing) untuk melakukan jual atau beli selama jam perdagangan bursa sehingga mendapatkan harga terbaik. “Dan yang terakhir adalah transparansi portofolio, di mana investor dapat mengetahui seluruh saham-saham yang terdapat dalam portofolio ETF beserta dengan komposisinya,” kata Marsangap dalam keterangannya, Senin (29/7/2019).

Produk ETF yang dimiliki DIM adalah Danareksa ETF Indonesia Top 40.

“Kinerja yang outperform dari Danareksa ETF Indonesia Top 40 ini merupakan bukti nyata atas konsistensi dan disiplin kami dalam menerapkan strategi investasi yang mengkombinasikan pendekatan fundamental dan semi kuantitatif dalam memilih saham di produk ini,” katanya.

Ia percaya Danareksa ETF Indonesia Top 40 dapat menjadi solusi investasi bagi investor yang memiliki tujuan investasi untuk meraih hasil optimal dalam jangka panjang.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU