Jumat, 29 Maret 2024

INALUM dan Pemprov Kaltara Bangun Proyek Klaster Industri Aluminium

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) menandatangani nota kesepakatan (MoU) tentang Proyek Pembangunan Klaster Industri Aluminium di Kaltara. Penandatanganan kesepakatan tersebut diadakan di Gedung Energy, SCBD, Jakarta, dan dihadiri Direktur Pelaksana INALUM Oggy A. Kosasih dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Kerja sama ini merupakan wujud sinergi yang kuat antara PT INALUM sebagai BUMN dan Pemerintan Provinsi Kaltara dalam rangka mengoptimalkan potensi sumber daya di daerah. Kaltara memiliki potensi sumber daya air yang melimpah yang sangat baik bagi pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). PLTA merupakan sumber energi terbarukan yang didorong Pemerintah. PT INALUM di sisi lain sangat memerlukan pasokan listrik yang besar untuk melakukan ekspansi pengembangan Klaster Industri Aluminium.

Pembangunan Klaster Industri Aluminium Kaltara akan memberikan multiplier ekonomi bagi masyarakat baik berupa tumbuhnya industri ikutan ataupun industri pendukungnya yang sekaligus terbukanya lapangan pekerjaan sehingga perputaran ekonomi cepat berkembangnya. Bagi Indonesia dengan bertambahnya kapasitas Smelter Aluminium secara langsung dapat memenuhi kebutuhan domestik yang berdampak pada penghematan devisa karena merupakan substitusi impor, sedangkan kelebihannya dapat diekspor sehingga menghasilkan devisa bagi Negara.

Sementara Gubernur Kaltara Irianto Lambrie berharap bahwa investasi INALUM sebagai Holding Pertambangan Indonesia bisa memberikan kebaikan terhadap masyarakat Kaltara sekaligus sebagai usaha pemerataan pembangunan di Indonesia.

Dalam nota kesepakatan tersebut Pemerintah Daerah Kaltara akan menyediakan izin pembangunan Klaster Industri Aluminium sekaligus pembangunan sarana dan prasarana pendukung operasional yang diperlukan baik infrastruktur maupun ketersediaan SDM-nya. Adapun ruang lingkup kesepakatan mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan.

Gubernur Kaltara selaku pemerintah setempat menyatakan akan mempersiapkan kebutuhan infrastruktur vital terutama listrik dan pelabuhan dalam Proyek Pembangunan Klaster Industri Aluminium dengan menggunakan skema investasi sesuai dengan Nota Kesepakatan yang sudah ditanda-tangani

Direktur Pelaksana INALUM Oggy A. Kosasih memastikan bahwa proyek tersebut dijalankan setelah INALUM dan Pemerintah Provinsi Kaltara melakukan kajian yang mendalam dan komprehensif baik dari aspek bisnis hingga aspek pembangunan seperti studi kelayakan.

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2019/07/17/11/2080217/inalum-dan-pemprov-kaltara-jalin-kesepakatan-bangun-klaster-industri-aluminium

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU