Sabtu, 20 Juli 2024

PT KAI dan ALSTOM Jerman Siapkan Kesepakatan Kerja Sama Kereta Api Hidrogen

ads-custom-5

Berlin, BUMNinfo | Aloysius Guntur Setyawan, Vice President New Business Cooperation and Policy PT KAI melakukan pertemuan dengan delegasi ALSTOM yang dipimpin oleh Jörg Nikutta, Managing Director ALSTOM Jerman – Austria. Pertemuan yang berlangsung di KBRI Berlin, Jerman pada 18 Juni 2019 dimaksudkan untuk menindaklanjuti kunjungan Direktur Utama PT KAI bulan Maret lalu, terkait rencana kerja sama kereta api berbahan bakar hidrogen.

Dalam pertemuan tersebut, PT KAI telah menyampaikan draft MoU kepada pihak ALSTOM. Draft ini sebagai titik awal untuk menyiapkan kesepakatan implementasi kerja sama antara kedua pihak. Sebelumnya pada kunjungan Direktur PT KAI Maret lalu, telah disampaikan ketertarikan Indonesia untuk menggunakan kereta api hidrogen buatan ALSTOM ini. 

“Ini wujud keseriusan kita untuk memulai kerja sama. Kita sudah sampaikan draft MoU nya, dan ALSTOM akan sampaikan tanggapan. Target kita, saat kunjungan delegasi ALSTOM ke Indonesia nanti, MOU sudah bisa ditandatangani,” kata Guntur.

Dubes RI untuk Republik Federal Jerman, Arif Havas Oegroseno yang turut hadir dalam pertemuan menekankan kerja sama antara PT KAI dan ALSTOM ini bagian dari babak baru kerja sama Indonesia Jerman untuk industri ramah lingkungan. Kereta hidrogen yang akan dikerjasamakan antara PT KAI dan ALSTOM merupakan teknologi ramah lingkungan. Pengoperasian kereta ini menggunakan elektrifikasi dari proses kombinasi hidrogen dan oksigen. Dengan teknologi ini emisi yang dikeluarkan adalah air. Bahan baku utama yang digunakan adalah hidrogen yang berasal dari biomass ataupun sumber-sumber energi berkelanjutan seperti energi angin dan matahari. Kehadiran kereta hidrogen di Indonesia dapat menjadi bagian dari pembangunan sektor transportasi yang berkelanjutan. 

Sumber: news.detik.com

Foto: KBRI Berlin

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU