Minggu, 9 Juni 2024

PJT II Genjot Potensi Usaha Kecil Untuk Perkembangan Perekonomian Indonesia

ads-custom-5

Karawang, BUMNinfo| Potensi dan peran usaha kecil dalam perkembangam perekonomian Indonesia cukup besar dan sangat penting. Melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), Perum Jasa Tirta II terus berupaya memberdayakan pelaku usaha kecil agar menjadi soko guru perekonomian nasional.

Untuk menggenjot kemampuan para pelaku usaha kecil tersebut, BUMN yang mengelola air dan sumber air Bendungan Jatiluhur itu melakukan pendidikan, pelatihan dan penyaluran dana program kemitraan BUMN setidaknya, kepada para pelaku usaha kecil menengah di wilayah Kabupaten Purwakarta, Karawang, Subang dan Kabupaten Bandung.

Direktur Keuangan dan SDM PJT II, Haris Zulkarnain mengatakan, selain memberdayakan usaha kecil, agae bisa menjadi soko guru perekonomian nasional, PKBL PJT II juga memanfaatkan kemampuan BUMN untuk memberikan bantuan pinjaman tambahan modal usaha atau modal kerja dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan para pelaku usaha kecil.

“Lebih jauh lagi, bisa meningkatkan hubungan sosial antara BUMN dengan masyarakat dan lingkungan sekitar,” ujar Haris dalam pembukaan Diklat Mitra Binaan PJT II dan Penyaluran Dana Program Kemitraan BUMN Tahap I Tahun 2019, di Istora Jatiluhur, Jumat (28/6/2019).

Diharapkan, keberadaan serta kelangsungan hidup usaha kecil selain dapat menyerap tenaga kerja yang cukup besar juga berperan dalam meningkatkan ekspor komoditi non migas serta menunjang pengembangan industri pariwisata.

Dia katakan berikutnya, mengingat pentingnya peran usaha kecil terhadap perekonomian masyarakat, pemerintah telah menetapkan Program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan Program Bina Lingkungan berdasarkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) No. PER-09/MBU/07/2017 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan beserta peraturan perubahannya.

“Sebelumnya, dalam pelaksanaan seleksi calon mitra binaan PKBL, kami dari PJT II senantiasa memperhatikan ketentuan-ketentuan pedoman program kemitraan dan bina lingkungan,” tuturnya.

Selain untuk meningkatkan peran usaha kecil dalam pembentukan produk nasional, perluasan lapangan pekerjaan dan berusaha meningkatkan ekspor dan pemerataan pendapatan. Tujuan program kemitraan juga diharapkan dapat memperkokoh struktur perekonomian nasional.

Sumber: rmoljabar.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU