Jumat, 29 Maret 2024

Raih Pasar BPNT, Bulog Siapkan Produk Berkualitas dan Terjangkau

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info |  Perum BULOG terus lakukan persiapan untuk meraih 70% pasar BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)  dengan menyediakan produk pangan berkualitas dan terjangkau khususnya beras, baik beras medium maupun premium sesuai dengan kebutuhan konsumen BPNT.

Dengan pengalaman diindustri perberasan, distribusi dan kemampuan infrastruktur yang dimiliki, Perum BULOG memiliki kapasitas menyediakan beras untuk 15,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia, baik wilayah perkotaan maupun pelosok yang sulit diakses oleh transportasi biasa dan sinyal operator.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum BULOG menyampaikan bahwa BULOG memiliki kurang lebih 37 mesin pengolahan yang tersebar di wilayah penyerapan gabah/beras seluruh Indonesia, dan bersinergi dengan mitra GAPOKTAN maupun swasta dalam penyediaan kebutuhan beras untuk stok CBP, maupun komersial. “BULOG punya kompetensi tersebut sehingga kami yakin mampu meraih pasar BPNT lebih dari 70%”, tutur Tri Wahyudi.

“Di semester 1 tahun 2019 ini, BULOG mampu menyerap gabah/beras petani sebanyak 650 ribu ton sesuai dengan HPP dalam Inpres no 5/2015 dengan fleksibilitas 10%. Dengan melihat kebutuhan beras BPNT untuk 15,6 juta KPM sebanyak 1,5 juta ton (asumsi 1 KPM menerima 10 Kg), bukanlah hal yang sulit bagi bulog akan menyerap gabah/beras petani di atas HPP dengan mekanisme komersial. Tentunya Petani akan diuntungkan dengan konsep pembelian hasil panen menggunakan mekanisme komersial ini”, tegas Tri Wahyudi.

Terdapat multiplier effect dengan BULOG sebagai penyedia beras untuk BPNT, petani akan bergairah menanam karena ada kepastian dibeli hasil panennya di atas HPP, agen BPNT (agen himbara dan E-Warong) akan menerima Beras yang berkualitas dan terjangkau harganya sehingga memberikan keuntungan bagi agen, dan agen BPNT yang terdapat di Desa-desa akan tumbuh dan berkembang sehingga akan berdampak kepada perekonomian desa.

Sumber: bulog.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU