Jumat, 12 April 2024

ASDP Optimis Siap Layani 4,67 Juta Pemudik Lebaran

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Siap melayani 4,67 juta pemudik dan 1,11 juta kendaraan pada masa arus mudik dan balik (H-1 hingga H+7), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) optimistis layanan penyeberangan selama periode Angkutan Lebaran dapat berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman.

Tercatat ada tujuh lintasan penyeberangan utama (terpantau nasional) ditambah dua lintasan baru yang akan dioperatorin ASDP selama arus mudik dan balik.

Lintasan tersebut yakni, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau (Balikpapan), Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung

Api-api (Bangka), lintasan Danau Toba, dan Bira-Pamatata (Selayar).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menerangkan pemudik akan merasakan perjalanan mudik yang lebih nyaman dengan adanya terminal dan kapal eksekutif ASDP di Merak dan Bakauheni.

Beberapa langkah antisipasi telah disiapkan dalam peningkatan kualitas pelayanan yakni melakukan pengaturan kapal yang beroperasi dengan mengoperasikan kapal-kapal berukuran besar pada kondisi puncak, meningkatkan pelayanan di pelabuhan (menambah toll gate kendaraan roda empat (R4), pengaturan parkir, manajemen lalu lintas, percepatan proses bongkar muat kapal serta peningkatan kualitas layanan), dan e-ticketing. Untuk sailing time reguler selama 120 menit, sementara sailing time kapal eksekutif selama 60 menit.

Ditambah pemerintah telah menerapkan genap ganjil mulai 30 Mei pada malam hari pukul 20:00 hingga 08:00 pagi. Di Pelabuhan Merak, ASDP juga telah menyiapkan fasilitas loket yang terdiri dari 25 loket penumpang (reguler 20 loket, eksekutif 5 loket), 26 loket roda 2 (reguler 25 loket, eksekutif 1 loket), dan 23 loket roda 4 (reguler 16 loket, eksekutif 7 loket). Selain itu juga disediakan fasilitas pendukung keselamatan dan keamanan yakni 7 unit ambulance, 2 unit mobil derek, 2 unit Damkar, 4 unit tug boat, 4 unit rubber boat, dan 116 unit CCTV yang tersebar di seluruh wilayah pelabuhan.

ASDP juga menyediakan Vending Machine dan Self Check-in, berupa pembelian tiket dan pencetakan boarding pass di mesin vending untuk pejalan kaki.

Ira memprediksi, puncak arus mudik diperkirakan lebih terdistributif yang jatuh pada akhir pekan yakni Jumat (31/5) hingga Minggu (2/6) dan puncak arus balik pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6)

Menurutnya, tahun ini, total jumlah pemudik Angkutan Lebaran di lintasan terpantau nasional diprediksi mencapai 4,67 juta orang atau naik 4,8 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 4,45 juta orang.

Jumlah kendaraan roda 2 mencapai 479.793 unit atau naik 4,6 persen dibandingkan tahun lalu 458.793 unit, dan roda 4 mencapai 631.674 unit atau naik 10,5 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 571.849 unit.

Dengan naiknya tarif tiket pesawat, kemungkinan volume kendaraan mobil pribadi tahun ini akan meningkat cukup signifikan sehingga ada migrasi pemudik ke moda darat dan penyeberangan, khususnya untuk jalur Jawa, Sumatera dan Bali.

Untuk lintasan Merak-Bakauheni sendiri, diperkirakan tahun ini akan dilintasi 1,42 juta penumpang, diikuti 108.894 unit sepeda motor, serta roda 4 yang diperkirakan mencapai 196.613 unit atau naik hingga 15 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 170.968 unit.

Sumber : Poskotanews.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU